KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI: STUDI ANALISIS KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM

Authors

  • Sigit Suprayitno Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3055

Keywords:

kurikulum, pendidikan jasmani, pendidikan islam, tarbiyatul aulad

Abstract

Many boarding schools that do not have a specific physical education curriculum, which is design as a reference for educators in implementing the process of learning. In this article, the author will explore the curriculum of physical education based on the analysis of the book Tarbiyatul Aulad Fill Islam. The method used in this research is library research with the approach of content analysis. The results of this research include the physical education curriculum starting from the role of parents in providing healthy and good food, decent clothing, comfortable housing, following healthy diet rules of health, protecting themselves from infectious diseases, treating diseases, not endangering oneself and others, familiarizing exercising. The sport recommends as is; Archery, swimming, horse riding, and throwing spears, familiarizing the life of Zuhud, embedding the character of officers.ols that do not have a specific physical.

Abstrak

Banyak pondok pesantren yang belum memiliki kurikulum pendidikan jasmani secara khusus, yang dirancang sebagai acuan bagi para pendidik dalam pelaksanaan proses pembelajarannya. Dalam artikel ini penulis akan menggali kurikulum pendidikan jasmani berdasarkan analisis dari kitab Tarbiyatul Aulad Fill Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini libray research dengan pendekatan conten analysis. Hasil penelitian ini yaitu kurikulum pendidikan jasmani dimulai dari peran orang tua dalam memberikan makanan yang sehat dan baik, pakaian layak, tempat tinggal nyaman, mengikuti aturan-aturan kesehatan pola makan sehat, memproteksi diri dari penyakit menular, mengobati penyakit, tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain, membiasakan berolahraga. Adapun olahraga yang sangat dianjurkan seperti; memanah, berenang, berkuda, dan melempar tombak, membiasakan hidup zuhud, menanamkan karakter perwira.

References

Az-Za'balawi, M. S. M. (2007). Pendidikan Remaja Antara Islam dan Ilmu Jiwa. Gema Insani Press.

Khudhori, M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negerise-Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1).

Kusuma, A. R. D. (2016). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2).

Nugroho, K. A., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2018). Implementasi pendidikan jasmani dalam international primary curriculum. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 110–119. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.21336

Suhaidin, L. A. (2015). EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI PONDOK PESANTREN MU'ALIMIN MUHAMADIYA H DAERAH ISTIMEWA YOGYA KARTA. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1).

Suherman, A. (2014). IMPLEMENTASI KURIKULUM BARU TAHUN 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SDN CILENGKRANG). Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 71–76. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.866

‘Ulwan, A. N. (2018). Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Insan Kamil.

Wardani, K., Soekardi, S., & Fakhruddin, F. (2017). Kajian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Kota Semarang. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 57–65.

Wardhana, S. A., Asim, A., & Widijoto, H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Matapelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 6 Malang dengan Menggunakan Analisis SWOT. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 87–102.

Yulianto, S., Roesdiyanto, R., & Sugiharto, S. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 130–140.

Zulaiha, S., & Baryanto, B. (2019). Analisis Kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong dan Relevansinya Terhadap Kurikulum Prodi PIAUD IAIN Curup. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Suprayitno, S., & Mujahidin, E. (2020). KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI: STUDI ANALISIS KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 75–83. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3055

Issue

Section

Artikel