Model Bimbingan dan Konseling Islami: Analisis Pemikiran Hasan Langgulung

Authors

  • Setiawan Setiawan Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.3895

Keywords:

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam, Konseling Islami

Abstract

Guidance and counselling are an integral part of education, but its existence in educational institutions in the west Bogor district has not been as expected. This research aims to give birth to an alternative model of the concept of guidance and counselling at the junior high school level. The development leads to the concept of guidance and counselling, which includes objectives, foundations, principles, methods and techniques, and the philosophy of guidance and counselling. The approach used in this research is library research and field research. The first approach is collecting books - related books, both primary and secondary, scientific journals on Islamic counselling guidance. The analysis method used is the skin method as the design of the model. The results of field observations turned out to be guidance and counselling that has not been under expectations because there is a partial system and paradigm that must be improved.  The study results that the model of guidance and counselling should be integral, holistic in directing learners to achieve the happiness of the world and the hereafter. During this image in guidance and counselling, it is only to take care of people who directly have problems. Whereas guidance and counselling are more than, it can be seen from the function of guidance and counselling.

Abstrak

Bimbingan dan konseling adalah bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan, akan tetapi keberadaannya di lembaga Pendidikan di daerah kabupaten Bogor Barat belum sesuai harapan. Fokuskan penelitian ini adalah melahirkan model alternatif konsep bimbingan dan konseling tingkat sekolah menengah pertama/ SLTP. Pengembangan tersebut mengarah pada konsep bimbingan dan konseling yang meliputi tujuan, landasan, prinsip-prinsip, metode dan teknik serta falsafah bimbingan dan konseling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dan field research. pendekatan yang pertama, tahapan awal mengumpulkan buku – buku terkait baik yang primer maupun yang sekunder, jurnal ilmiah tentang bimbingan konseling Islami. metode analisis yang digunakan adalah Metode kualitatif sebagai perancangan model. Hasil observasi lapangan ternyata bimbingan dan konseling yang selama ini ternyata belum sesuai harapan dikarenakan ada sistem dan paradigma yang parsial yang harus dibenahi. Hasil penelitian bahwa model bimbingan dan konseling itu harus bersifat holistik integral dalam mengarahkan peserta didik untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat Selama ini image di bimbingan dan konseling itu hanya untuk mengurusi orang - orang yang bermasalah secara langsung. Padahal keberadaan bimbingan dan konseling lebih dari itu, bisa dilihat dari fungsi tujuan bimbingan dan konseling.

References

Alim, A. (2014), Tafsir Pendidikan Islam, Jakarta: AMP Press.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Darajat, Z. (1972), Kesehatan Mental, Jakarta: Gita Karya.

Darajat, Z. (1982), Islam dan Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung.

Jalaludin, (2014), Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Depok: Ar-ruzz Media.

Langgulung, H. (1986). Teori - Teori Kesehatan Mental, Jakarta: Pustaka al Husna.

Langgulung, H. (2002). Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama.

May, A. (2015). Melacak Peranan Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Tsaqafah, 11(2), 209-222.

Mulyadi, (2017). Islam dan kesehatan Mental, Jakarta: Kalam Mulia.

Natsir, M. (2008), Capita Selecta, Jakarta: PT Abadi.

Rahman, IK. (2018). Bimbingan dan Konseling (Konsep, Praktik Bimbingan dan Konseling Islami), Bogor: UIKA Press.

Ramayulis, (2015), Filsafat Pendidikan Islam (Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam), Jakarta: Kalam Mulia.

Rohim, (2019), di MTs Anwarul Hidayah (interview)

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang, No 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional

Zakariya, A. (2019). Matan Terjemahaan Riyadhus sholihin, Solo: Pustaka Arafah.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Setiawan, S. (2021). Model Bimbingan dan Konseling Islami: Analisis Pemikiran Hasan Langgulung. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 94–105. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.3895

Issue

Section

Artikel