Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Al-Jâmi’ Al-Ṣaḥîḥ Karya Imam Al-Tirmiżî dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Haryanto Haryanto

Abstract


The character education program launched by the Government has not reaped encouraging results, as evidenced by the worsening moral decline that occurs in the midst of the nation's children, such as corruption, drug abuse, LGBT lifestyle, free sex association, fighting between students, students and villagers, intolerance among religious people, separatism that threatens the integrity of the Republic of Indonesia, and so forth.  The concept of education in imam al-Tirmiżî's al-Jâmi' al-Ṣaḥîḥ explains in detail the basic potential of man (heart, reason, taste, initiative and body), and explains the relationship between an individual and religious principles, with oneself and with his environment. The concept is very relevant to the purpose of national education, which is noble and morally praiseworthy to be able to improve the quality of individuals, families and communities to build a just and civilized national and state order, to further achieve the ideals of social justice for all Indonesians.

Abstrak                                  

Program pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Pemerintah belum menuai hasil yang menggembirakan, dibuktikan dengan semakin parahnya kemunduran moral yang terjadi di tengah-tengah anak bangsa, seperti korupsi, penyalahgunaan obat-obat terlarang, gaya hidup LGBT, pergaulan seks bebas, tawuran antar pelajar, mahasiswa dan warga kampung, intoleransi antar umat beragama, separatisme yang mengancam keutuhan NKRI, dan lain sebagainya.  Konsep pendidikan adab dalam kitab al-Jâmi’ al-Ṣaḥîḥ karya Imam al-Tirmiżî menerangkan secara terperinci dalam mengembangkan potensi dasar manusia (hati, akal, rasa, karsa dan raga), serta menjelaskan relasi antara seorang individu dengan prinsip-prinsip agama, dengan diri sendiri dan dengan lingkungannya. Konsep sangat relevan dengan tujuan pendidikan nasional, yangmana adab mulia dan akhlak terpuji mampu meningkatkan kualitas individu, keluarga dan masyarakat untuk membangun tatanan berbangsa dan bernegara yang berkeadilan dan beradab, untuk selanjutnya mencapai cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Keywords


pendidikan adab, kualitas individu, berkeadilan

Full Text:

PDF

References


‘Aṭiyah, ‘I. bin M. bin M. (2013). al-Tarbiyah al-Islâmiyah: Maṣâdiruhâ wa Taṭbîqâtuhâ, Kairo: Maktabah al-Rusyd.

al-Abbad, A. A. M. (2018). Syarh Sunan Abi Dawud, Maktabah Syamilah.

Al-Haitâmî, A. bin M. bin ‘A. bin Ḥ. A. A. ‘A. S. A. D. A. H. (2008). al-Fath al-Mubîn Syarḥ al-Arba’în, Jeddah: Dâr al-Minhaj.

Al-Ḥâzimî, K. bin Ḥ. bin M., (2015). Uṣûl al-Tarbiyah al-Islâmiyah, Madinah: Maktabah Dâr al-Zamân.

al-Katîrî, Ṭ bin ‘U. Maqâlah Ḥadîṡ: wa khâliq al-nâs bi khuluqin ḥasan. Dinukil dari website: https://www.alukah.net/sharia/0/105308/#ixzz6A803zmKM.

Al-Mubârakfuri, M. A. bin A. A. A. ‘U. (2005), Tuhfah al-Ahważi, Kairo: Dâr al-Ḥadîṡ.

Al-Munâwî, M. bin T. A. Â. bin ‘A. Z. A. D. A. M. (1994). Faiḍ al-Qadîr Syarḥ al-Jâmi al-Ṣagîr, Beirut: Dâr al-Kutub al-Ilmiyah.

Al-Nadawî, M. U. (tt). Tafsîr al-Qayyim Lî Ibni al-Qayyim, Beirut: Maktabh al-Kutub al-‘Ilmiah.

Al-Nahlâwî, ‘A. (1999). Uṣûl al-Tarbiyah al-Islâmiyah, Beirut: Dâr al-Fikr.

Ma’arif, S. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mannâ’, A. Q. (2000). Mabâhiṡ fî ‘Ulûm al-Qur’ân, Kairo: Maktabah al-Ma’ârif.

Purnomo, S. (2014). Pendidikan Karakter Di Indonesia: Antara Asa Dan Realita. Jurnal Kependidikan, 2(2), 66–84. doi: 10.24090/jk.v2i2.553

Pusat Analisis Dan Sinkronisasi Kebijakan Sekjen Kemendikbud (PASK Kemen-dikbud), 2017, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)-Modul Pelatihan Bagi Pengawas, Jakarta: Kemendikbud.

Setyawan, D. (2017, December 18). KPAI: Ada 3849 Pengaduan Kasus Anak pada Tahun 2017. Retrieved May 6, 2021, from Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) website: https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-ada-3849-pengaduan-kasus-anak-pada-tahun-2017

Wijaya, L. D. (2018). Kasus Korupsi Tahun 2017, ICW: Kerugian Negara Rp 6,5 Triliun—Nasional Tempo.co. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1062534/kasus-korupsi-tahun-2017-icw-kerugian-negara-rp-65-triliun




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.4009

Article Metrics

Abstract view : 965 times
PDF - 649 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Haryanto Haryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogora

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335