Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Pegawai

Mochamad Sumpena, Abas Mansur Tamam, Imas Kania Rahman

Abstract


Many Muslims want to memorize the Qur'an, but with a dense activity, making it difficult for them to memorize the Qur'an. Therefore, a particular method is required for people who are busy working in memorizing the Qur'an. This research aims to explore effective methods in memorizing the Qur'an according to Imam Jalaluddin As Suyuthi in the book of Al-Itqan Fi 'Ulumil Quran and dig deeply into the method of memorizing the Qur'an in the Tahfizh Al-Qur'an Institute Jauharul Iman. This study uses the library research approach as well as observation. The results of this study showed that the methods applied by Imam Jalaluddin As-Suyuthi in memorizing the Qur'an are: Halaqah, Talaqqi, and Mu'aradhah.  Meanwhile, the method used in the Institute of Tahsin / Tahfizh Al-Qur'an (LTQ) Jauharul Iman: Methods of reciting the Qur'an before memorization, Wahdah method, Takrir method, Sima'an method with fellow tahfizh friends, and muroja'ah method of a group. From the data that has been collected, it can be formulated that the effective method of memorizing the Qur'an for employees: Methods of reciting the Qur'an before memorization, Wahdah method, Takrir method, Talaqqi method, sima'an method with fellow tahfizh friends by way of mu'aradhah and muroja'ah method of the group.

Abstrak

Banyak di antara kaum muslim yang ingin menghafal Al-Qur’an, akan tetapi dengan padatnya aktifitas, membuat mereka kesulitan untuk bisa menghafal Al-Qur’an. Untuk itu, diperlukan metode khusus untuk orang yang sibuk bekerja dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menggali metode efektif dalam menghafal Al-Qur’an menurut Imam Jalaluddin As Suyuthi dalam kitab Al-Itqan Fi ‘Ulumil Quran dan menggali secara mendalam metode menghafal Al-Qur’an di Lembaga Tahfizh Al-Qur’an (LTQ) Jauharul Iman. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi Pustaka sekaligus observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode yang diterapkan oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam menghafal Al-Qur’an yaitu: Halaqah,  Talaqqi,  dan Mu’aradhah.  Sedangkan, metode yang digunakan di Lembaga Tahsin/Tahfizh Al-Qur’an (LTQ) Jauharul Iman: Metode memperbanyak membaca Al-Qur’an sebelum menghafal, metode Wahdah, metode Takrir, Metode sima’an dengan sesama teman tahfizh, dan metode muroja’ah kelompok. Dari data-data yang telah dikumpulkan, dapat dirumuskan bahwa metode efektif menghafal Al-Qur’an bagi pegawai: Metode memperbanyak membaca Al-Qur’an sebelum menghafal, metode Wahdah, metode Takrir, metode Talaqqi, metode sima’an dengan sesama teman tahfizh dengan cara mu’aradhah dan metode muroja’ah kelompok.


Keywords


Methods; Effective; Memorizing Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Adz-Dzahabi, M. (2006). Sairu A’lam An Nubala Beirut: Darul Fikr

Al-Majidi ,A. (2008). Idzhab Al-Hazan wa Syifa Ash-Shadr As-Saqim Fi Ta’lim An-Nabi SAW Ashhabahu Radhiyallaahu ‘Anhum Fadhail Wa Aadab Wa Ahkam Tilawah Wa Tajwid Al-Qur’an Al-Karim, edisi terjemahan: Bagaimana Rasulullaah Mengajarkan Al-Qur’an kepada Para Sahabat. Jakarta: Darul Falah

Al-Qarni, A. (2009). The Way Of Al-Qur’an. Jakarta. Raja Grafindo Khazanah Ilmu

As Suyuthi, J. (2004). Al-Itqan fi ‘Ulumil Quran. (Tahqiq: Ahmad Ibn ‘Ali). Kairo: Darul Hadits.

Azihah, A. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 1 [Interview].

Fadhlan, F. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 1 [Interview].

Herry, B. (2009). Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press

Idris, I. (2018). Metode menghafal Al-Qur’an di Kelas Tahfizh 2 [Interview].

Leksono, (2009). Pengantar Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Makhyaruddin, D. (2013). Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Naora Books

Mudor, A. (2010). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an dalammeningkatkan kualitas hafalan Al- Quran bagi anggota Hai‟ah Tahfidz Al-Qur‟an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Skripsi: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang..

Muhith, N. (2013). Semua Bisa Hafal Al-Qur’an. Banyuanyar Surakarta: Pustaka Al-Qudwah

Rosyi, R. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 2 [Interview].

Ruhah, R. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 2 [Interview].

Sa’id, I. (2018). Metode menghafal Al-Qur’an di Kelas Tahfizh 1 [Interview].

Sahrain, (1986). Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an. Beberapa Aspek Ilmiah Tentang Qur’an. Jakarta: Litera Antarnusa

Sari, S. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 2 [Interview].

Shihab, MQ. (2003). Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan

Syamsudin, S. (2001). Metodologi Living Qur’an dan Hadis, Yogyakarta: Teras

Vina, V. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 1 [Interview].

Wajdi, F. (2008). Tahfiz Al-Qur’an dalam kajian Ulumul Quran; Studi Atas Berbagai Metode Tahfizh, Tesis: Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Windar, W. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 1 [Interview].

Zahwa, Z. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Kelas Tahfizh 2 [Interview].

Zawawie, M. (2009). P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Medina




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.4016

Article Metrics

Abstract view : 787 times
PDF - 762 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mochamad Sumpena

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogora

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335