Program pembinaan keislaman pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Muhammad Al-‘Unaizy

Authors

  • Yunan Al- Manaf Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.4512

Keywords:

Bimbingan Evaluasi, Kualitas Pendidikan, Pembinaan Keislaman

Abstract

Educators and education personnel in Islamic education are role models for every student. Teaching knowledge, training, researching, developing and educating students is a noble task. But what happens is just the opposite, educators and education personnel are often not in line with Islamic education and do things that should not be done. Therefore, it is necessary to have an Islamic development programme for educators and education personnel in Islamic schools so as to change deviant behaviours among educators and education personnel. The purpose of this research is to find out the Islamic development programme for educators and education personnel at Muhammad Al-'Unaizy Elementary School. The research method used is qualitative research with a qualitative-descriptive approach. The findings of this study are the existence of an Islamic development programme for educators and education personnel at Muhammad Al-'Unaizy Elementary School consisting of yaumiyah (daily), usbuiyah (weekly), syahriyah (monthly), and tsanawi evaluation activities (semesterly and annually) for educators as well as education personnel. The purpose of the programme is the creation of consistency in carrying out Islamic teachings, mastery of the basics of Islamic knowledge, the realisation of good moral habits, and positive changes in students and the quality of education.

Keywords: Guidance Evaluation; Education Quality; Islamic Development

Abstrak

Pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam merupakan sosok teladan bagi setiap murid. Mengajarkan ilmu pengetahuan, melatih, meneliti, mengembangkan, dan mendidik para murid merupakan tugas mulia. Namun yang terjadi justru sebaliknya, pendidik dan tenaga kependidikan sering tidak sejalan dengan pendidikan Islam dan melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan. Karenanya, perlu adanya program pembinaan keislaman untuk pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Sekolah Islam sehingga mengubah perilaku-perilaku menyimpang di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pembinaan keislaman pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Muhammad Al-‘Unaizy. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenisnya penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil temuan dari penelitian ini adalah adanya program pembinaan keislaman pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Muhammad Al-‘Unaizy terdiri dari kegiatan yaumiyah (harian), usbuiyah (mingguan), syahriyah (bulanan), dan kegiatan evaluasi tsanawi (per semester dan tahunan) bagi pendidik juga tenaga kependidikan. Tujuan dari program tersebut yaitu terciptanya keistiqamahan dalam menjalankan ajaran Islam, penguasaan dasar-dasar ilmu keislaman, terwujudnya kebiasaan akhlak yang baik, dan perubahan positif terhadap peserta didik dan kualitas pendidikan.

References

Abidin, Z. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan, Bogor, Graha Widya Sakti.

Al-Hamat, A. (2015). Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari, Ummul Qura, Cetakan 1

Bakar, A. (2011). Supervisi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 01 Januari – Juni 2011

Faridl, M. (2004). Wawasan Islam Pokok-pokok Tentang Paradigma Dan Sistem Islam. Jakarta, Gema Insani Press.

Hamalik, O. (2007), Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Harahap, H. S.. (2021). Manajemen Pembinaan Tenaga Pendidik di Mts Islamiyah Petangguhan. Jurnal Penelitian dan Pembinaan Keislaman, J-Al-Ulum Universitas Madura, ISSN. 2355-0104. E-ISSN. 2549-3833

Hatta, A. & Tamam, A.M. (2016). Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslim Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Dari Lahir Sampai MatiBerdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah. Jakarta Timur Maghfirah Pustaka.

Husaini, R. (2018). Pembinaan Profesionalisme Guru. Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmaih Pendidikan Agama Islam, Volume 8 no 2. Juli – Desember 2018

Isham, T. (2001). "Al-Al-Qaradhawy Faqiihaan”, diterjemahkan Samso Rahman, Manhaj Fiqih Yusuf Al-Al-Qaradhawy, Jakarta: Al-Kautsar.

Jawas, Y. (2019). Prinsip Dasar Islam Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah yang Shahih, Bogor, Pustaka At-Taqwa

Jusuf, A. F. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta, Gema Insani Press

Khrisnamurti, A. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyyah Wa Ta'lim Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran Volume 6 No.3, November 2019 E-ISSN: 2714-8483, P-ISSN: 2355-1003

Mansur, T. A. (2017). Islamic Worldview Paradigma, Jakarta Timur, Intelektual Muslim, Spirit Media Press.

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta, Yayasan obor Indonesia

Muniroh, J. M.. (2017). Manajemen pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 5, No 2, September 2017 (161-173). Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Muslim, Al-Kattani A. H., dan Supraha, W. (2018). Menumbuhkan Karakter Anak, Yogyakarta. CV Budi Utama.

Nata, A. (2019). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sanusi, F. (2016). Pendidikan Islam Berbasis Tashfiyah dan Tarbiyah, UIKA Pres, cetakan 1.

Sieny, I.S. (2016). Menjawab Kontroversi Seputar Islam, Sukoharjo Jateng. Tartil Institute.

Sudirman, (2007). Zakat Dalam Pusaran Arus Modernitas, Malang, UIN Malang Press.

Sudjana, (2000). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung, Falah Production, Cetakan ketiga Revisi.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya.

Sulaiman, (2003). Al-Qaradhawyy Fil Miizan”, diterjemahkan M Abdul Goffar "Pemikiran Yusuf al-Al-Qaradhawyy, dalam timbangan, Bogor, Pustaka Imam Asy-Syafi'I.

Supraha, W. (2018). Pemikiran George Sarton & Panduan Islamisasi Sains, Depok. Yayasa Adab Insan Mulia.

Suyudi, (2013). Strategi pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2008). Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Remaja Rosada Karya.

Wahhab, M. A. (2015). "Penjelasan Pembatal Keislaman ” Jakarta, Pustaka Imam Bonjol.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Manaf, Y. A.-. (2022). Program pembinaan keislaman pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Muhammad Al-‘Unaizy. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 283–294. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.4512

Issue

Section

Artikel