Program pendidikan karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Daarul 'Uluum Lido melalui organisasi di Era pandemi Covid-19

Authors

  • Jaffar Syiddiq Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6347

Keywords:

organization, discipline, character, organisasi, disiplin, karakter

Abstract

Discipline is one of the main character education values. This is because the formation of other characters can occur if accompanied by discipline. Lack of discipline will lead to disorder. Irregularity is the root of decline, and laziness and can result in the destruction of future generations because without discipline a person will not be able to achieve his goals. Student organizations in Madrasah Aliyah or Senior High Schools are the right means to instill a disciplined character in students, both those who are the administrators of the organization and those who are members of the student organization. The purpose of this study was to determine the disciplinary character education program for Madrasah Aliyah Daarul 'Uluum Lido students through organizations in the era of the covid-19 pandemic. The research method applied in this research is in the form of a qualitative field study method by directly reviewing how the process of disciplinary character education is carried out and its refinement through various documents. The results of the study show that the organization's gait in the growth of disciplined character is very significant. The character education program in the Daarul 'Uluum Lido Modern Islamic Boarding School does not only handle student discipline in the classroom but also in boarding houses and places of worship. Through careful planning (planning), grouping (organizing) according to the interests and abilities of students, implementation (controlling), and evaluation (evaluating) by the coaches and principals have really become a forum for educational programs of the right character.

Abstrak

Kedisiplinan adalah salah satu nilai pendidikan karakter yang utama. Hal ini disebabkan karena pembentukan karakter yang lain dapat terjadi jika diiringi oleh kedisiplinan. Kurangnya kedisiplinan akan mengakibatkan ketidakteraturan. Ketidakteraturan merupakan pangkal dari kemunduran, kemalasan dan dapat berakibat pada rusaknya generasi masa depan karena tanpa kedisiplinan seseorang tidak akan mampu mencapai tujuannya. Organisasi siswa yang ada di Madrasah Aliyah atau Sekolah Menengah Atas merupakan sarana yang tepat dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa, baik mereka yang menjadi pengurus organisasi maupun mereka yang menjadi anggota organisasi siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pendidikan karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Daarul ‘Uluum Lido melalui organisasi di era pandemi covid-19. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu berupa metode kualitatif studi lapangan (field reseach) dengan meninjau langsung bagaimana proses pendidikan karakter disiplin itu dilaksanakan dan penyempurnaannya melalui berbagai dokumen. Hasil penelitian menujukan bahwa kiprah organisasi pada pertumbuhan karakter disiplin sangatlah signifikan. Program pendidikan karakter yang ada di lingkungan Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido ini tidak hanya menangani kedisiplinan siswa di kelas namun juga di asrama dan tempat ibadah. Melalui Perencanaan (planning) yang matang, pengelompokkan (organizing) yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa, pelaksanaan (actuating) yang diawasi (controlling) dan di evaluasi (evaluating) oleh para pembina dan kepala sekolah benar-benar telah menjadi wadah bagi program pendidikan karakter yang tepat.

References

Sikula, A. F. (1975). Personnel administration and human resources management. John Wiley & Sons.

Asmani, J. (2013). Tips menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Diva Press. Yogyakarta

Madrasah, D. P. (2010). Wawasan Pendidikan Karakter Islam. Kementerian Agama. Jakarta

Gani, Y. (2018). "Penerapan Reward dan Punishment melalui Tata Tertib Sistem Poin dalam Maningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, Vol. 3, No. 1

Hanani, D. (2016). "Pendidikan Karakter Anak Manurut Imam Al-Gazali” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, Vol. 1, No. 1

Harahap, L. (2017). "Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Studi Multidisipliner Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 4, No. 1

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Kemendiknas. Jakarta

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah. Jakarta

Mujahidin, E., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). Penggunaan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kedisiplinan pada Anak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 171-182.

Najmuddin, N., Fauzi, F., & Ikhwani, I. (2019). Program kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah: Studi kasus di dayah terpadu (boarding school) sma babul maghfirah aceh besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 183-206.

Nashir, H. (2013). Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya. Yogyakarta Multi Presindo. Jogjakarta

Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. eLKAF. Surabaya

Susilomartoyo. (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFF. Yogyakarta

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Alquran. Rajawali Press. Depok

Ilahi, M. T. (2012). Revitalisasi pendidikan berbasis moral. Ar-ruz media. Yogyakarta

Indonesia, T. R. T. B. (2008). Tessaurus Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Tobroni. 2003. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung

Zaeni, M. 2009. Pengembangan Kuikulum, Konsep Implementasi Dan Evaluasi. Teras. Yogyakarta

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Syiddiq, J., & Mujahidin, E. (2022). Program pendidikan karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Daarul ’Uluum Lido melalui organisasi di Era pandemi Covid-19. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 15–26. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6347

Issue

Section

Artikel