Program Pesantren Mahasiswa (PESMA) di STID Mohammad Natsir sebagai media pembentuk karakter disiplin calon da'i

Authors

  • Yusuf Yusuf Universitas Ibnu Khaldun
  • Budi Handrianto Universitas Ibnu Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.6353

Keywords:

Internalisasi Nilai, Karakter Disiplin, Keteladanan.

Abstract

One of the most important character education values is discipline. A person who does not have the value of discipline in himself will experience setbacks, laziness, disorganisation, negligence, and difficulty in achieving goals. The purpose of this study is to examine the discipline programme in the student boarding school at STID Mohammad Natsir. How is the strategy applied in the STID Mohammad Natsir student boarding school to shape the disciplinary character of students. The research method used is qualitative field with data collection methods through interviews and field observations. The results showed that the purpose of the programme was to instil the values of discipline, awareness, sincerity and honesty by instilling these values. The method applied is by making orderly guidelines that are regular and systematic, so that students can carry them out properly and without violating the applicable rules.

Abstrak

Salah satu nilai pendidikan karakter yang sangat penting adalah kedisiplinan. Seseorang yang tidak memiliki nilai kedisiplinan dalam dirinya akan mengalami kemunduran, kemalasan, tidak teratur, lalai, dan sulit untuk menggapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti program kedisiplinan di pesantren mahasiswa di STID Mohammad Natsir. Bagaimana strategi yang diterapkan di pesantren mahasiswa STID Mohammad Natsir untuk membentuk karakter disiplin mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif lapangan dengan metode pengumpulan datanya melalaui wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan program tersebut adalah untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kesadaran, keikhlasan dan kejujuran dengan penanaman nilai-nilai tersebut. Metode yang diterapkan adalah dengan membuat pedoman tata tertib yang teratur dan sistematis, sehingga mahasiswa dapat melaksanakannya dengan baik dan tanpa melanggar tata tertib yang berlaku.

References

Anshari, H. M. H. (1983). Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Asmani;, J. M. (2010). Tips menjadi guru inspiratif, kreatif dan inovatif. Yogyakarta: Diva Press. (Yogyakarta).

Fanani, A. Z., & El-Fajri, E. (2003). Menggagas Pesantren Masa Depan. Yogyakarta: Qirtas.

Majid, N. (1997). Bilik-bilik pesantren: Sebuah potret perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Mastuhu. (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren: Suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. Belanda: INIS.

Musadad, A., & Nasik, K. (2017). Peran Pesantren Mahasiswa dalam Pembentukan Karakter Tertib, Santun dan Peduli pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 10(2), 135–145.

Natsir, S. M. (2021). Visi & Misi. Retrieved January 4, 2023, from STID Mohammad Natsir website: https://stidnatsir.ac.id/visi-misi/

RI, K. agama. (2010). Wawasan Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jakarta: Kementrian Agama RI. (Jakarta).

Salim, S., & Makhshun, T. (2018). Manajemen Pesantren Mahasiswa (Studi Kasus Manajemen Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Yogyakarta). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 58–69.

Sikula, A. F. (1975). Personnel administration and human resources management. John Wiley & Sons.

Sukardi, M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyorini. (2006). Manajemen pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Pustaka Pelajar.

Wijayanto, I. (2003). Sex In The Kost: Realitas dan Moralitas Seks Kaum " Terpelajar.” Yogyakarta: Tinta.

Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Teras.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Yusuf, Y., & Handrianto, B. (2022). Program Pesantren Mahasiswa (PESMA) di STID Mohammad Natsir sebagai media pembentuk karakter disiplin calon da’i. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 409–420. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.6353

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)