Konsep pendidikan Islam dalam mewujudkan gerakan Ishlah menurut Majid ‘Irsan Al Kilani

Authors

  • Irfan Wahyu Syifa Universitas ibn khaldun Bogor
  • Ulil Amri Syafri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Wido Supraha Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6564

Keywords:

Ishlah, al Kilani, Pendidikan Islam, Shalahuddin al Ayyubi

Abstract

Currently, many Muslim scientists, especially in the field of education, rely on western science which is materialistic-secular. This is triggered by the feeling of inferiority of Muslims to the west, which in fact is a developed country. Of course, this has negative consequences for Muslims, such as deconstructing sharia and so on. Therefore, an ishlah movement is needed through education so that Muslims can rise up, as happened in the time of Saladin al Ayyubi when he retook Palestine from the hands of the crusaders. The purpose of this study is to find out how the concept of Islamic education by Majid 'Irsan al Kilani in an ishlah movement by referring to the success of Muslims in the time of Saladin al Ayubi. The research method used is library research by analyzing the works of al Kilani and several other educational figures. The results of the study state that the concept of al Kilani's Islamic education, namely the ishlah movement, can be an alternative to improve the condition of Muslims whose minds are still colonized by western civilization.

Abstrak                                  

Saat ini, banyak ilmuwan Muslim, khususnya di bidang pendidikan, mengandalkan sains barat yang materialistis-sekuler. Hal ini dipicu oleh perasaan rendah diri umat Islam terhadap barat, yang notabene merupakan negara maju. Tentu hal ini berdampak negatif bagi umat Islam, seperti dekonstruksi syariah dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan gerakan Ishlah melalui pendidikan agar umat Islam dapat bangkit, seperti yang terjadi pada masa Saladin al Ayyubi ketika merebut kembali Palestina dari tangan tentara salib. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Majid 'Irsan al Kilani dalam gerakan Ishlah dengan mengacu pada keberhasilan umat Islam pada masa Saladin al Ayubi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menganalisis karya-karya al Kilani dan beberapa tokoh pendidikan lainnya. Hasil penelitian menyatakan bahwa konsep pendidikan Islam al Kilani yakni gerakan Ishlah dapat menjadi alternatif untuk memperbaiki kondisi umat Islam yang pikirannya masih terjajah oleh peradaban barat.

References

al Ashfahani, al R. (n.d.). Al Mufradat fi Gharib Alquran. Beirut: Darul al Ma'rifah.

Al Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.

Al Attas, S. M. N. (2013). Islam: Faham Agama dan Asas Akhlak. Kuala Lumpur: IBFIM.

Al Attas, S. M. N. (2019). Tinjauan Ringkasan Peri Ilmu dan Pandangan Alam. Selangor: Ta'dib International.

al Faruqi, I. R. (1984). Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Penerbit Pustaka-Perpustakaan Salman ITB.

al Ghozali, A. H. (1990). Jawahir Alquran lil Imam Abi Hamid al Ghozali al Thusi. Beirut: Darul Ihya 'Ulum.

al Kilani, M. 'I. (1987). Falsafah al Tarbiyyah al Islamiyyah: Dirasah muqaranah baina falsafah al tarbiyyah al islamiyyah wa falsafah al tarbiyyah al mu'ashirah. Beirut, Libanon: Darul al Manarah.

al Kilani, M. 'I. (1988). Ahdaf al Tarbiyah al Islamiyah: Dirasah Muqaranah Baina Ahdaf al Tarbiyah al Islamiyah wa al Ahdaf al Tarbiyah al Mu'ashirah. Madinah Munawwarah: Maktabah Darul Turast.

al Kilani, M. 'I. (1995). Manćhij al Tarbiyyah al Islćmiyyah wa al MurabbÅ«n al ‘ć€milÅ«n fć«hć. Beirut, Libanon: 'Alam al Kutub.

al Kilani, M. 'I. (2019). Model Kebangkitan Umat Islam: Upaya 50 tahun gerakan pendidikan melahirkan generasi shalahuddin dan merebut palestina. Depok: Mahdara Publishing.

al 'Arabiyah, J. M,. (1994). Majmu' al Lughoh al 'Arabiyah al Mu'jam al Wajiz. Mesir: Wizarah al Tarbiyah wa al Ta'lim.

Arif, S. (2014). Filsafat Islam antara Tradisi dan Kontroversi. Jurnal Tsaqafah, Vol. 10, No. 1.

Bakar, O. (2006). Clasification of Knowledge in Islam: A Study in Islamic Philosophies of Science. Kuala Lumpur: ISTAC.

Esposito, J. L. (1983). Voices of Resurgent. New York: Oxford University Press.

Faris ibn Zakaria, A. al H. A. ibn. (1981). Mu'jam Maqayis al Lughah (Vol. 3). Mesir: Maktabah al Khabakhiy.

Husaini, A. (2005). Wajah Peradaban Barat dari hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal. Jakarta: Gema Insani.

Ismail, Mohd. Z. (2019). Aqal Dalam Islam Satu Tinjauan Epistemologi. Kuala Lumpur: Institut Kefahaman Islam Malaysia (IKIM).

Jumhuriyah al Misri al Arabi. (2004). Al Mu'jam al Wasith (Vol. 4). Mesir: Maktabah al Syuruq al Dauliyah.

Madkur (ed), I. (1989). Mu'jam al Fadz Alquran al Karim (Vol. 1). Mesir: Jumhuriyyah al Misra al 'Arabiyyah.

Marimba, A. D. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: N.V. al Ma'arif.

Misri, D. (2017). Highlights of The Concept of Islamic Education Majid 'Irsan al Kilani. Quest Journals: Journal of Research in Humanities and Social Science, Vol. 5(Issue 5).

Mohd Zarif, M. M. (2020). The Significance of The Ten Fundamentals (Mabadi' al 'Ashirah) in Conceptualizing The Epistemic Aims of Learning in Islam. Journal Afkar, Special Issue 2, 45–78.

Ramadhan, O. M. (2020). Rekonstruksi Tujuan Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Majid Irsan al Kilani dan Ahmad Dahlan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 5, No. 1.

Shalahuddin, H. (2020). Indahnya Keserasian Gender Dalam Islam (2nd ed.). Jakarta Selatan: INSISTS.

Wan Daud, W. M. N. (2020). Falsafah dan Amalan Pendidikan Islam Syed M. Naquib al Attas: Satu Huraian Konsep Asli Islamisasi. Kuala Lumpur: Penerbit Universiti Malaya & Mizan.

Zarkasyi, A. F. (2013). Tajdid dan Moderisasi Pemikiran Islam. Jurnal Tsaqafah, Vol. 9, No. 2.

Zarkasyi, H. F. (2009). Liberalisasi Pemikiran Islam: Gerakan Bersama Missionaris, Orientalis dan Kolonialis. Ponorogo: CIOS UNIDA Gontor.

Zarkasyi, H. F. (2018). Kausalitas: Hukum Alam atau Tuhan Membaca Pemikiran Religio-Saintifik al Ghazali. Ponorogo: UNIDA Gontor Press.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Syifa, I. W., Syafri, U. A., & Supraha, W. (2022). Konsep pendidikan Islam dalam mewujudkan gerakan Ishlah menurut Majid ‘Irsan Al Kilani. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 85–98. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6564

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>