Pendidikan karakter dan implementasinya di Pondok Pesantren Modern Assalam Gunung Putri Bogor

Authors

  • Acep Lukmanul Hakim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8334

Keywords:

Karakter Santri, Pendidikan Karakter, Pesantren Modern

Abstract

Modern Islamic boarding school of Assalam Gunung Puti Bogor is an educational institution that is oriented towards character education. This is based on community phenomena that tend to behave badly, both religiously, or socially and culturally. This study aims to determine the concept of character education and its implementation in As-Salam Islamic Boarding School. The approach and type of this research is in the form of qualitative descriptive by describing the research results holistically. The results of the study stated that the implementation of character education in Islamic boarding schools can form students who are disciplined, responsible, able to communicate well, have a focus, tough and can solve problems, honest, diligent, consistent, patient when getting exams, earnest, good at managing time, disciplined, persevering.

Abstrak

Pondok pesantren modern Assalam Gunung Puti Bogor merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi terhadap pendidikan karakter. Hal tersebut didasarkan pada fenomena-fenomena masyarakat yang cenderung berperilaku buruk, baik secara agama, atau sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dan implementasinya di pesantren As-Salam. Pendekatan dan jenis penelitian ini dalam bentuk deskriptif kualitatif dengan menggambarkan hasil penelitian secara holistik. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi pendidikan karakter di pondok pesantren membentuk santri yang disiplin, tanggung jawab, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki kefokusan, tegar dan dapat menyelesaikan masalah, jujur, rajin, konsisten, sabar ketika mendapat ujian, sungguh-sungguh, pandai mengatur waktu, disiplin, tekun.

References

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Al Munawar, S. A. H. (2002). Al-Qur'an Membangun Tradisi Kesalehan Haqiqi, Jakarta: Ciputat Press.

Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam, Jakarta: AMP Press

Amin, M. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Badouse Media

Anwar, A. (2011). Pembaruan pendidikan di pesantren lierboyo. Yogyakarta: IAIT Press

Aqib, Z. & Sujak. (2011). Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Penerbit Yrama Widya

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Diva Press.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Bogdan & Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja.

Damanhuri., Hafiddhudin, D., & Mujahidin, E. (2012) Inovasi pengelolaan pesantren terpadu, Bogor: AIPII

Darmiyati, Z. (2008). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY PRESS

Gulo. D. (1982). Kamus Psikologi. Bandung: Penerbit Tonis

Hamid, H. & Saebani, B. (2013). Pendidikan Karakter perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Hasbullah, (1996). Sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hornby, A.S & Parnwell., E.C. (1972). Learner's Dictionary. Kuala Lumpur: Oxford University Press.

Husaini, A. (2012). Pendidikan Islam Membentuk Manusia Karakter dan beradab. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Indra, H. (2003). Pesantren dan tranformasi Sosial. Jakarta: Penamadani

Kirk, J. & Miller, M. L., (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research. Beverly Hills, CA, Sage Publications.

Mas'ud, A. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Semarang: Pustaka Pelajar Offset.

Mastuhu, (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Inis

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992) Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya

Nata, A. (2012). Pemikiran dan pendidikan Islam & Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Natawidjaya, R. et al, (2007). Rujukan Filsafat, Teori dan Praktis Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Poerwadinata, WJS. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putra, P., & Lisnawati, S. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rosyadi, R. (2013). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Bogor: UIKA.

Rutland & Mark. (2009). Karakter itu Penting. Jakarta: Light Publishing.

Suwaid, M. (2006). Mendidik anak bersama Nabi, Solo: Pustaka Arafah

Suwaid, M. (2006). Mendidik anak bersama Nabi, Solo: Pustaka Arafah

Syukur, T. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Hadits. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hakim, A. L. (2022). Pendidikan karakter dan implementasinya di Pondok Pesantren Modern Assalam Gunung Putri Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 505–521. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8334

Issue

Section

Artikel