UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEWARISAN SIFAT MENURUT HUKUM MENDEL MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DI KELAS 12 IPA 3 SMA KOSGORO KOTA BOGOR

Authors

  • Asep Turnawan SMA Kosgoro Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1001

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena masih rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Biologi tentang Pewarisan Sifat Menurut Hukum Mendel.. Penelitian dilakuakn melalui empat tahap yakni perencanaan tindakan (Planning), Pelaksana Tindakan(Acting), Observasi (Observing) dan Refleksi dan Evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pewarisan Sifat menurut Hukum Mendel. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi tentang Pewarisan Sifat menurut Hukum Mendel. Sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dikelas 12 IPA3 mata pelajaran Biologi tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil (3). Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi tentang Pewarisan Sifat menurut Hukum Mendel. Sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dikelas 12 IPA 3 mata pelajaran Biologi tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil.
Berdasarkan hasil analisa data pada siklus I bahwa keaktifan peserta Berdasarkan data yang diperoleh pada grafik, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 29 orang 80,50% pserta didik dan 88,88% peserta didik cukup aktif bertanya pada pembelajaran dengan model pembelajran inquari berarti sebagian besar peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar pada materi Pewarisan Sifat Menurut Hukum Mendel. Persentase peserta didik yang telah mencapai KKM tersebut sudah memenuhi Tahap Refleksi.
Peningkatan data ketuntasan berdasarkan hasil analisa data terdapat peningkatan jumlah ketuntasan dari siklus I 80,50 % ke siklus II 97,4% atau 35 peserta didik dan 2,78 % 1 peserta didik yang tidak tuntas. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing akan meningkatan prosentase ketuntasan peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari data hasil rata-rata nilai yang meningkat. Peningkatan Rata-Rata Nilai Peserta Didik dari Tiap Siklus. Peningkatan rata-rata nilai peserta didik pra siklus 74,19, meningkat rata-rata nilai siklus I 79,03 dan Siklus II 81,92, meningkatnya rata-rata nilai ini dapat terjadi karena menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

Turnawan, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEWARISAN SIFAT MENURUT HUKUM MENDEL MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DI KELAS 12 IPA 3 SMA KOSGORO KOTA BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1001

Issue

Section

Artikel