EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V SD SEKOLAH ALAM BANGKA BELITUNG

Authors

  • Firdaus Hasanuddin
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1004

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI pada materi puasa. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan model pembelajaran STAD sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis secara empiris efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievemen Divisions) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam kelas V SD Sekolah Alam Bangka Belitung. (2) Untuk menganalisis secara empiris efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievemen Divisions) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V SD Sekolah Alam Bangka Belitung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa di kelas V SD Sekolah Alam Bangka Belitung. Sebelum menggunakan model pembelajaran STAD hasil belajar siswa hanya mencapai nilai rata-rata 65,9 atau 46,5 % dari ketuntasan belajar, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 66,15 atau 53,84 % dari ketuntasan belajar, dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,33 atau 69,23 % dari ketuntasan belajar, kemudian meningkat lagi pada siklus III dengan nilai rata-rata 86,52 atau 84,61 % dari ketuntasan belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, pada siklus I prosentase rata-rata mencapai 31,38 % atau motivasi rendah, meningkat pada siklus II prosentase rata-rata menjadi 41,3 % atau motivasi sedang, lalu meningkat lagi pada siklus III prosentase rata-rata menjadi 54,84 % atau motivasi tinggi.

Downloads

Published

2018-01-01

How to Cite

Hasanuddin, F., & Arief, Z. A. (2018). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V SD SEKOLAH ALAM BANGKA BELITUNG. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i1.1004

Issue

Section

Artikel