PEMIKIRAN HAMKA TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KONDISI SAAT INI

Authors

  • Ace .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i2.1217

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Pemikiran HAMKA tentang Pendidikan dan Relevansinya terhadap Kondisi Saat ini”. Tema tentang HAMKA ini memang sudah sering sekali diangkat dalam beberapa karya tulis, baik berupa buku, skripsi maupun tesis, namun penulis mencoba untuk melihat dari sisi yang berbeda yaitu dengan mengkaitkan pemikiran HAMKA terhadap kondisi saat ini.
Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, yaitu kajian kepustakaan (library research) dengan cara mengumpulkan buku-buku karangan HAMKA sebagai data primer dan buku-buku lainnya yang menulis tentang HAMKA serta karya tulis berupa jurnal, skripsi maupun tesis untuk kemudian dikaji dan dianalisa sampai mendapatkan kesimpulan.
Dalam penelitian ini penulis membatasi penelitian hanya membahas dan mengkaji pemikiran-pemikiran HAMKA terhadap Pendidikan, khususnya pendidikan Islam di Indonesia. Dari hasil kajian ini penulis mencoba menstrukturkan proses munculnya pemikiran pemikiran HAMKA, sehingga tampak benang merah keterkaitan pemikiran Pendidikan HAMKA dengan Perjalanan Hidupnya.
Selanjutnya, penulis melakukan kajian analisis terhadap pemikiran HAMKA yang dihubungkan dengan kondisi saat ini, sehingga penulis menemukenali adanya relevansi pemikiran Pendidikan Islam HAMKA dengan kondisi keterkinian dan pada akhirnya bila ini diterapkan akan mampu membawa bangsa ini kepada kehidupan yang jauh lebih baik.

References

Arikunto, Suharsimi. 1995. Managemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamka. 1958. Ayahku, Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amrullah dan Perjuangan. Jakarta: Pustaka Widjaja.

Indra, Hasbi. 2012. Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi, Yogyakarta: Deepublish.

Nizar, Samsul. 2008. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-07-01

How to Cite

., A. (2018). PEMIKIRAN HAMKA TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KONDISI SAAT INI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v7i2.1217

Issue

Section

Artikel