PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SDN BANTARKAMBING 03 KECAMATAN RANCABUNGUR KABUPATEN BOGOR

Neneng Masunah, Yanuardi .

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empirik tentang hubungan antara persepsi antara Minat Belajar Siswa Terhadap hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Di SDN Bantarkambing 03 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. Masalah ini di rumuskan sebagai berikut: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model torso dan gambar (2) Pengaruh interaksi media pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar (3) Perbedaan antara hasil belajar siswa dengan minat belajar tinggi yang dibelajarkan menggunakan model torso dan gambar (4) perbedaan antara hasil belajar siswa dengan minat belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan model torso dan gambar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan jumlah sample sebanyak 36 orang.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu : (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA pada peserta didik yang dibelajarkan dengan Media Pembelajaran Torso dan Media sebesar 0,050% (2) Terdapat pengaruh interaksi antara Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa peserta didik terhadap hasil belajar IPA sebesar 0,050% (3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA pada peserta didik yang dibelajarkan dengan Media Pembelajaran Torso dan Media Pembelajaran Gambar sebesar 2,11% (3) bahwa hasil belajar IPA peserta didik yang memiliki Minat Belajar Rendah yang dibelajarkan dengan Media Pembelajaran Gambar lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan dengan Media Pembelajaran Torso dengan selisih rata-rata 0,33%


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Reneka Cipta, 2003.

Aly, A dan Eny Rahma. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 1998.

Azhar, A. Media Pembelajaran, Edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Darojatin, I. (2003). Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Materi Pembelahan Mitosis-Miosis Terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri 3 Batu.

D. Djali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akssara, 2009.

Efendi U. dan Praja J.S. Pengantar Psikologi, Edisi Revisi. Bandung: Angkasa, 2003.

Faizi, M. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Gagne. The Kognitive Psychology of School Learning. Boston Toronto: Little, Brown and Company,1985.

Gredler, B, Margaret E. Belajar dan Pembelajaran, Terjemahan Munandir, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004.

Hamalik, O. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi, Aksara, 2008.

Hamalik, O. Media Pendidikan, Cetakan ke-7. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1994.

Harlen, Wynne, Teaching Learning Primary Science, London: Harper & Row, Ltd, 1995.

Hartono, H. S. Prestasi Belajar IPA Siswa SMU Negeri (Hasil Pemeriksaan dan Pengawasan). 2006.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Iskandar, Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.

Iskandar, S. M. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1997.

Latuheru. Pembelajaran Media Pendidikan. Surabaya: Badan Penerbit IKIP, 2002.

Miarso, Y. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2009.

Mudzakir, A. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Pustaka Setia, 2001.

Munadi, Y. Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2008.

Munandar, U. Kreativitas dan Keterbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Musfikon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Presepsi Pustakarya, 2011.

Mustamar, T. Program Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta, 1978.

Nasution, S. Didaktif Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jemmars, 2008.

Purwanto, M. N. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Sadiman, A. S. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar Cet. Ke 2. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sadiman, A. S. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sanjaya, W. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2010.

Sarin & Sund. Teaching Children Sains. Surabaya: PT. Java Pustaka, 1989.

Sarkim, T. Humaniora dalam Pendidikan Sains, Bandung: PT. Grafika Aditama, 1998.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Singgih D.G. dan Ny. SDG, Psikologi Perawatan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1989.

Siswoyo, D, dkk. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Situmorang, R, Suparman A, Susilana, R. Desain Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2004.

Sudjana, N. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000.

Sugiharto, Kartika N.F. Farida Harahap. dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sumantoro, dkk. Silabus Sains, Pengetahuan Sosisal, Matematika, Bahasa Indonesia untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Sumaji, dkk. Pendidikan Sains yang Humanis. Yogyakarta: Kanisius, 1998.

Sutikno, M. S. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect, 2009.

Surapranata, S. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdaka, 2009.

Susilana, R. dan Riyana C. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima. 2009.

Suyoso, Suharto dan Sujoko. Ilmu Alamiah Dasar. Yogyakart: IKIP, 1998.

Reigeluth, Chrates M. Instructional-Design Theories and Model: A New Paradigm of Instructional Theory. Hillsdale, New York: Lawrence Earlbaum. 1983.

Richey, C. R. The Legacy of Robert M. Gagne. New York: Syracuse University, 2000.

Tampubolon, D. P. Mengembangkan Minat Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa, 1993.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Usman, U. Menjadi Guru Propesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v7i2.1218

Article Metrics

Abstract view : 606 times
PDF - 797 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335