PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP PGRI GUNUNG PICUNG PAMIJAHAN

Euis Hendrayani, Zainal Abidin Arief

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP PGRI Gunung Picung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran serta efikasi diri terhadap hasil belajar PKn. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen atau eksperimen semu.
Populasi target adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Gn. Picung di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/ 2018, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, dari dua kelas yang ada kemudian ditentukan secara acak untuk menentukan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pemilihan ini dilakukan secara acak untuk diberikan perlakuan, satu kelas diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran inkuiri dan satu kelas sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.
Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket (kuisioner) untuk efikasi diri dan soal tes hasil belajar PKn. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, uji hipotesis, dan uji lanjut (uji tuckey). uji persyaratan data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan melalui uji Shapori Wilk dan uji Levene Statistic. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji ANOVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PKn yang ditunjukkan dengan nilai F hitung = 24,078 dengan sig = 0,05, juga terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar PKn yang dibuktikan dengan nilai F hitung = 39,984 dengan sig = 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan dari strategi pembelajaran pada efikasi diri tinggi terhadap hasil belajar PKn dengan Thitung = 6,627 lebih besar dari Ttabel = 2,101, sementara tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari strategi pembelajaran pada efikasi diri rendah terhadap hasil belajar PKn.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta: Rineka Cipta).

Hamalik, Oemar. 2005 Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remadja Rosdakarya).

Roestiyah, N.K. 2001.Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Sanjaya, Wina. 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana).

Susanto, Ahmad. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Prenada Media Guru).

Waspodo, Muktiono. 200. Strategi Pembelajaran dan Efikasi Diri Warga Belajar Terhadap Capaian Belajar, Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF Vol. 2 No. 2 (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v7i2.1219

Article Metrics

Abstract view : 707 times
PDF - 453 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335