UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG BUNGA, PERTUMBUHAN DAN PELURUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Nurlailatul Hidayah

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika tetang Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan. Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan di kelas XII TIB SMK Negeri 2 Kota Bogor; (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan di kelas XII TIB SMK Negeri 2 Kota Bogor; (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Bunga, Pertumbuhan dan Peluruhan di kelas XII TIB SMK Negeri 2 Kota Bogor.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XII TIB SMK Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 58,71 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi 79,57 pada siklus 1 dan 84,86 pada siklus 2 Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Matematika di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Keywords


Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Asis Saefuddin dan Ika Berdiati, 2014, Pembelajaran Efektif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Chairul Anwar, 1017, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Kontenporer, Yogyakarta, IRCiSoD.

Dimyati dan Mujiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

E. Mulyana, 2009, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah, Jakarta, Bumi Askara.

Holil dan Dwi Sunu Prioko, 2009, Wahana Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI kelas VI, Jakarta, Pusat Perbukuan Depdiknas.

Jauhar M. 2010, Implementasi Paikem, Jakarta, Prestasi Pusaka.

Musfiqon 2010, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka.

Muslihuddin 2010, Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta, Depdiknas.

Slameto, 2003, Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1732

Article Metrics

Abstract view : 592 times
PDF - 427 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335