HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI CIBULUH 6 KOTA BOGOR

Authors

  • Dita Handayani SDN Cibuluh 6 Kota Bogor
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Herawati Herawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710

Keywords:

Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji teori hubungan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa di SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor; (2) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor dan (3) hubungan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Inggris kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor selama dengan jumlah populasi sebanyak 445 orang dan sampel sebanyak 75 orang, yang diambil dengan cara purposive sample. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda. 

Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris dengan koefisien korelasi sebesar 0,403 dan koefisien determinasi sebesar 16,20%, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa dengan hasil korelasi sebesar 0,525 dan koefisien determinasi sebesar 27,60%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,539 dan koefisien determinasi sebesar 27,10%.

References

Arief, Zainal Abidin. Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan, Bogor : UIKA Press. 2017.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru. 2004.

Moekijat. Dasar-Dasar Motivasi. Bandung : Pionir Jaya. 2002

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2000

Salahuddin, Mahfud. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya : Bina Ilmu. 2000.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. 2010

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung : CV Pustaka Setia. 2009

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. 2005

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa Rajawali. 2002

Uno, Hamzah B. Teori dan Motivasi Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara 2011

Published

2020-01-10

How to Cite

Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI CIBULUH 6 KOTA BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710