PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DAN EKSPOSITORI SERTA KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEAHLIAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)

Authors

  • Bambang Karyadi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Yanuardi Yanuardi Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Sigit Wibowo Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2761

Keywords:

Metode Pembelajaran CAI, Ekspositori, Kemandirian, Hasil Belajar, Keahlian Komputer Dan Pengelolaan Informasi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perbedaan hasil belajar KKPI siswa yang menggunakan Metode pembelajaran CAI dan Ekspositori; 2). Ada tidaknya pengaruh interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan Kemandirian siswa terhadap hasil belajar KKPI; 3). Perbedaan hasil belajar siswa dengan Kemandirian belajar yang tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode pembelajaran CAI dan Ekspositori pada mata pelajaran KKPI; 4). Perbedaan hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran CAI dan Ekspositori pada mata pelajaran KKPI.

Penelitian ini dilakukan di SMK Geo Informatika dengan populasi yang diambil yaitu kelas XI semua jurusan, dengan pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kontrol sebanyak dua kelas dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini yaitu dengan metode kuasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2 dan teori deskripsi yang berdasarkan pada beberapa variabel yaitu metode pembelajaran CAI dan metode pembelajaran Ekspositori sebagai variabel bebas dan hasil belajar KKPI sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini melalui tes hasil belajar dan pengisian instrument kemandirian.

References

Amron Nasution, Model-model Pembelajaran Berbasis Komputer (TIK), 2017

(http://sitijulaiha1268.blogspot.co.id/2015/01/makalah-sistem-informasi-dan-komunikasi.html)

Arief, Zainal Abidin, Landasan Teknologi Pendidikan, Bogor: UIKA Press, 2015

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: CV. Alfabeta, 2009

Elaine B. Johnson, Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna, Terjemah. Ibnu Setiawan, Bandung : Mizan Learning Center, 2007

Harjanto, Arif, Toni Prahasto, dan Suhartono, Rancang Bangun Computer Assisted Instruction (CAI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. 2011 (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/issue/view/289)

Hendry, Populasi dan Sampel. 2010 (https://teorionline.wordpress.com/2010/01/24/populasi-dan-sampel/)

Hermann Holstein, Murid Belajar Mandiri, Terjemah. Soeparmo, Bandung : CV. Remaja Karya, 1986

Indriana, Dina, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Jogjakarta: DIVA Press, 2011

KKPI SMK, Pengertian KKPI, 2017

(http://kkpi-smk-ku.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-kkpi_13.html)

NahlMedia Education, Model Pembelajaran CAI, 2017 (http://edu.nahlmedia.com/model-pembelajaran-cai.html)

Paul Eggen & Don Kauchak, Strategie and Models for Teachers: Strategi dan Model Pembelajaran, Penerjemah: Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks, 2012

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Published

2020-01-10

How to Cite

Karyadi, B., Yanuardi, Y., & Wibowo, S. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DAN EKSPOSITORI SERTA KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEAHLIAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI). Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2761