MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE MENUNJUKKAN DAN BERCERITA (SHOW AND TELL) SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SUKABUMI

Authors

  • Momon Momon Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2766

Keywords:

menunjukkan dan bercerita, keterampilan berbicara, aktivitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan berbicara dan aktivitas pembelajaran siswa, serta prosesnya melalui penerapan metode menunjukkan dan bercerita (show and tell). Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukabumi tahun pelajaran 2019/2020. Data diambil melalui teknik wawancara untuk studi pendahuluan, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode menunjukkan dan bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III MIN 4 Sukabumi berdasarkan nilai rata-rata pra-siklus : 60 (kurang), siklus I menjadi 70 (cukup), dan siklus II menjadi 81 (baik). Siswa yang mencapai KKM≥70, ketika pra-siklus : 4 orang (22%), siklus I : 6 orang (33%), dan siklus II : 16 orang (89%). Jadi besarnya peningkatan keterampilan berbicara siswa secara klasikal 89%. Metode menunjukkan dan bercerita dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa kelas III MIN 4 Sukabumi berdasarkan nilai rata-rata kinerja siswa, pada siklus I : 60 (baik) dan siklus II : 87 (sangat baik). Jadi besarnya peningkatan aktivitas pembelajaran siswa secara klasikal 87%. Sedangkan proses peningkatan telah menempatkan guru dan siswa sama-sama sebagai subjek pembelajaran. Proses pembelajaran mengacu pada RPP sebagai desain pengelolaan proses pembelajaran dengan metode menunjukkan dan bercerita, mulai kegiatan pendahuluan,  kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Capaian telah melebihi indikator ketuntasan penelitian tindakan yang dipersyaratkan yaitu 75% dari jumlah siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka penelitian tindakan dihentikan dan selesai.

References

Arief, Zainal Abidin. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan. Studi Aneka Sumber Belajar yang Berorientasi pada Student Centre dan Student Creator. Bogor: UIKA Press.

__________ (2016). Teknologi Kinerja dalam Proses Pembelajaran. Bogor: UIKA Press.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad dan Mukti. (2005). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Dananjaya, Utomo. (2011). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Departemen Agama RI. (2006). Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Diponegoro.

Kemendikbud. (2016). Silabus Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tematik Terpadu. Jakarta: Kemendikbud.

Kusuma, Wijaya. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.

Iskandarwassid dan Suhendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Abdurrahman. (2011). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfiroh, Takdiroatun. (2018). Show and Tell Edukatif: Panduan Pengembangan Social Skill Anak Usia Dini. Jakarta: Tiara Wacana.

Natawijaya, Rochman. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Resmini, Novi dan Dadan Juanda, (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Sriyono. (2012). Aktivitas Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Suarsih, Cicih. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II di SD Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Suryanto, Selamat. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tilaar, H.A.R. (2013). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Rosdakarya.

Published

2020-01-10

How to Cite

Momon, M. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE MENUNJUKKAN DAN BERCERITA (SHOW AND TELL) SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SUKABUMI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2766