PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN BERBASIS ANDROID

Resty Rahmawaty, Zainal Abidin Arief

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Leuwiliang, terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran Bahasa Jerman di kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya. Nilai Bahasa Jerman peserta didik yang masih dibawah standar ketuntasan hasil belajar, minat belajar siswa rendah, kurangnya literasi bahasa Jerman menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Mengatasi kendala tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat merangsang kreatifitas siswa, menumbuhkan minat belajar, serta membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran, salah satunya yaitu modul digital berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana memproduksi modul digital berbasis android dan seberapa efektif pengembangan modul digital berbasis android pada pembelajaran Bahasa Jerman kelas X. Model yang menjadi acuan adalah model penelitian pengembangan produk mengacu pada R & D model kombinasi Borg & Gall dan Dick & Carey. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan mengumpulkan informasi, menganalisis kebutuhan, mengembangkan instrumen, merancang dan membuat modul digital, penerapan pada pembelajaran, serta dilakukan tes hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital berbasis android yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Jerman kelas X. Hasil validasi oleh validator terhadap pengembangan modul pembelajaran bahasa Jerman diperoleh rerata persentase 92% dalam kategori sangat layak, dari hasil uji coba perorangan diperoleh 90%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil modul digital termasuk kategori layak dengan 82%. Peningkatan hasil belajar peserta didik sangat signifikan, terbukti dengan adanya perbedaan nilai pretes dan postes sebesar 90%. Kesimpulannya modul digital pembelajaran bahasa Jerman berbasis android sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Module Bahasa Jerman; Digitalisasi; Android

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arief, Zainal Abidin. 2015. Landasan Teknologi Pendidikan, Bogor, UIKA Press.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta, Gaung Persada (GP) Press.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, Lukita Yuniata, Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Dopler Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika Yang Menyenangkan. JP2F. Volume 2 nomor 2. 92-101.

Goethe.de, Untuk Apa Belajar Bahasa Jerman. (https://www.goethe.de/ins/id/id/spr/wdl.html).

Gooch, Deanna L. 2012. Research, Development, And Validation Of A School Leader‘S Resource Guide For The Facilitation Of Social Media Use By School Staff, Manhattan, Kansas, Kansas State University, Disertasi dipublikasikan.

Hafid, Anwar, Jafar Ahiri, Pendais Haq. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Mudlofir, Ali, Evi Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktek, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.

Putrawansyah, Ferry, Zulkardi, Sardianto MS. 2016. Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Menengah Atas, ijsn.org (Indonesian Journal on Networking and Security, volume 5 no.4, Oktober.

Rahdiyanta, Dwi. Teknik Penyusunan Modul, www.20-teknik-penyusunan-modul.html.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen, Yogyakarta, Kaukaba Dipantara.

Satyaputra, Alfa dan Eva Maulina Aritonang. 2016. Let’s Build Your Andorid Apps with Android Studio, Jakarta, PT Elex Media Komputindo.

Supardi, Yuniar. 2015. Belajar Coding Android Bagi Pemula, Jakarta, PT Elex Media Komputindo.

Susilana, Rudi dan Cepi Riayana. 2008. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung, CV Wacana Prima.

Sukardjo. 2005. Evaluasi Pembelajaran Semester 2, Yogyakarta, PPs UNY.

Syah, Muhibbin 2003. Psikologi Belajar, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada.

Yahya, Muhammad Amri. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Program Studi Keahlian Elektronika Industri Di SMK, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Naskah Publikasi




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3183

Article Metrics

Abstract view : 652 times
PDF (Indonesian) - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335