PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MEMAHAMI STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dini Saptariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran index card match tentang memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, dan (3)Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan pada mata pelajaran bahasa Indonesia sesudah menggunakan model pembelajaran index card match di kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran index card match dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran index card match, hanya 3 (9,4%)  peserta didik yang mencapai nilai KKM kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran index card match, peserta didik yang mencapai KKM menjadi 27 (84,4%)  peserta didik pada siklus I dan 32 (100%) peserta didik pada siklus II. Adapun KKM tersebut yaitu 75.

Keywords


Model Pembelajaran Index Card Match; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Djahura, Dirman. “Hakikat Hasil Belajar”. (http://malalanda.blogspot.co.id/2012/09/hakikat-hasil-belajar.html). Diunduh 2 Januari 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan: Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.

Kresnanto, Deddy. 2012. “Materi Pembelajaran Index Card Match.” (https://nongkrongplus.wordpress.com/2012/03/15/metode-pembelajaran-index-card-match/). Diunduh 2 Januari 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.

Rullyanda, Dodi. 2014. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Bahasa Indonesia” . (http://dodirullyandapgsd.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup_17.html). Diunduh 2 Januari 2016.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tinjauan Pustaka. 2015. “Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match.” (Http://Edutaka.blogspot.co.id/2015/03/strategi-pembelajaran-aktif-tipe-index.html). Diunduh 2 Januari 2016.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3196

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF (Indonesian) - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335