PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • S Ratnayanti SD Negeri Harjasari 1 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3197

Keywords:

Model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC), Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema suhu dan kalor tentang menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari di kelas V D SD Negeri Harjasari 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema suhu dan kalor tentang menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC) di kelas V D SD Negeri Harjasari 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada sub tema suhu dan kalor tentang menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC) di kelas V D SD Negeri Harjasari 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas V D SD Negeri Harjasari 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,16 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative, integrated, reading, and composition (CIRC) menjadi 73,59  pada siklus 1 dan 81,56 pada siklus 2

References

Anni, Catharina Tri. Dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK UNNES

Ahmadi, Abu H.,dan Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung Pustaka Setia.

Asep Herry Hernawan. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta, Universitas Terbuka.

Bundu, Patta.(2006) Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam. Pembelajaran Sains SD. Jakarta Depdikdas.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Prensky,

Hasibuan dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong. 2002. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Profesionalitas Guru. Jakarta: Gramedia.

Nasution, S. 2004. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Bumi Aksara

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, tentang Standar Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah., Jakarta, Kemdikbud

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, Standar proses untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, Kemdik

Published

2020-07-16

How to Cite

Ratnayanti, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 173. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3197