PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Yaumil Khairat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan keaktifan belajar produk kreatif dan kewirausahaan peserta didik kelas XII BDP 1 SMK Negeri 1 Kota Bogor. (2) Peningkatan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan peserta didik kelas XII BDP 1 SMK Negeri I Kota Bogor dengan model pembelajaran project based learning (PjBL).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangan oleh Jhon Elliot. Subjek penelitian tindakan ini adalah peserta didik kelas XII BDP 1 Program Keahlian Business Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Kota Bogor dengan target subjek berjumlah 35 orang peserta didik, namun pada saat pelaksanaan tindakan penelitian ada 2 peserta didik yang berhalangan hadir karena sakit, izin. Jadi jumlah real peserta didik yang hadil 33 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan   .

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan peserta didik kelas XII BDP 1 di SMK Negeri 1 Kota Bogor. Rata-rata keaktifan belajar produk kreatif dan kewirausahaan peserta didik kelas XII BDP 1 pada pra siklus hanya mencapai 2%. Setelah diterapkan model PjBL pada siklus I rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,56%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 78,35 dan pada siklus II meningkat menjadi 88.39. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL dapat menginkatakan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII BDP 1, semester V SMK Negeri I Kota Bogor atau hipotesis  penelitian diterima.

Keywords


Model Project Based Learning; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar; Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifah,L. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ana,R. (2019). Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Model PjBL, Padang, Universitas Negeri Padang

Agustina (2018).Penelitian Tindakan Kelas, Sidoarjo, Jurnal Pesona Dasar, FKIP Salatiga

Burhan M (2018) Analisis Penerapan Model Pembelajaran, Jakarta :Direktorat Pembina SMK.

Dwi,RS.(2013). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi computerized aided design (CAD) dengan software investor kela XI teknik permesinan di SMK Negeri 2 Klaten Jurnal Pendidikan Mesin, 4,5-6.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 15.(2003). Program Pendidikan Kejuaruan, Jakarta:Kemendikbud-RI

Instruksi Presiden Nomor 9, 2016. Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta:Kemendikbud-RI




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3198

Article Metrics

Abstract view : 2388 times
PDF (Indonesian) - 1042 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335