MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN KALAPANUNGGAL KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Eneng Suryani Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zainal Abidin Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kurniati _ Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i1.3994

Abstract

Penilaian Kinerja Guru adalah salah satu tugas fungsional pengawas madrasah dalam rangka menilai kinerja guru dalam memberikan layanan pembelajaran yang bermutu. Dalam pelaksanaannya Pengawas madrasah bersama-sama Kepala madrasah melaksanakan penilaian kinerja guru secara rutin setiap tahun. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kompetensi guru melalui PKG,  (2) peningkatan kinerja guru melalui PKG, dan (3) proses penilaian kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi pada semester genap tahun 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kaji tindak (action research) yaitu penelitian tindakan kepengawasan (supervising action research). Tahapan penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus masing-masing siklus mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dapat meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi dengan nilai rata-rata mencapai 72 (72%) kategori cukup baik, (2) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dapat meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi dengan hasil kinerja guru dari Pra-Siklus ke Siklus I sebesar 3,81%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,78%. Peningkatan rata-rata kinerja guru mencapai 10,68%, peningkatan cukup signifikan, dan (3) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dilaksanakan secara terprogram dan terstruktur sesuai dengan jadwal penelitian tindakan dan disinkronisasi dengan program kepengawasan, mulai dari pra-pengamatan, pengamatan, dan paska pengamatan sesuai mekanisme pelaksanaan PKG  yang telah ditentukan.

Author Biography

Eneng Suryani, Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Kementerian agama dan pengawas madrasah

References

Arief, Zainal Abidin. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan. Studi Aneka Sumber Belajar yang Berorientasi pada Student Centre dan Student Creator. Bogor: UIKA Press.

__________ (2016). Teknologi Kinerja dalam Proses Pembelajaran. Bogor: UIKA Press.

Bahrum, W., (998). Kompetensi guru naskah mata kuliah penelitian, Unsyiah, Medan.

Johnson, W.R. (1982). The principalshipof competention and function. Row publishere, New York, USA.

Margono, S (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Oteng Sutisna. (2004). Penyusunan Satuan Pelajaran Untuk Praktek Mengajar. Bandung: Angkasa.

Roseshine, S (1988). Competition studies of pupils CV Rajawali, Jakarta

Santoso, S. (2002). Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Citra Pendidikan.

Solehuddin, M. (2000). Konsep Casar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Subino. (2001). Bimbingan, Rancangan, Pelaksanaan, Analitik dan Penulisan. Bandung: ABA Yapari.

Yoesoef, T.D., (1997). Profesi pendidikan, Unsyiah Banda Aceh.

Published

2021-01-12

How to Cite

Suryani, E., Arief, Z. A., & _, K. (2021). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN KALAPANUNGGAL KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 26–35. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i1.3994