PEMIKIRAN ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH TENTANG METODE KETELADAN DAN AKHLAK MULIA

Authors

  • Muhammad Nasir Magister Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyi Al Kattani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Anung Al Hamat Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i1.3997

Keywords:

keteladanan, metode, pemikiran

Abstract

Metode pembelajaran dengan keteladanan dan akhlak mulia dikategorikan sebagai salah satu metode yang sangat dibutuhkan saat ini, karena metode keteladanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap proses belajar mengajar. Baik dalam pendidikan Islam secara spesifik maupun dalam sistem pendidikan yang lainya secara umum. Abdul Fattah Abu Ghuddah merupakan salah satu pemikir Islam (mufakkir Islami) yang menekankan pentingnya metode keteladanan dan akhlak mulia dalam proses belajar mengajar.

Adapun teknik pendekatanyang digunakan pada penelitian ini adalah (library research), yaitu penelitian yang berusaha menfokuskan diri untuk menganalisis atau menasirkan bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Dalam hal ini buku Muhammad Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah.

Hasil penelitian,  Abdul Fattah Abgu Ghuddah meyakini bahwa metode keteladan dan akhlak mulia lebih kuat pengaruhnya, lebih membekas dalam jiwa, lebih memudahkan pemahaman dan ingatan. Lebih menarik perhatian untuk diikuti dan dicontoh dibandingkan dengan hanya ucapan juga penjelasan. dalam menentukan sebuah metode Abdul Fattah Abu Ghuddah menjadikan Al-Qur'an dan hadits sebagai landasan filosofisnya.  figur teladan dalam pemikiran Abdul Fattah Abu Ghuddah adalah Nabi Muhammad ` dimana akhlak beliau adalah Al-Qur'an dan beliau selalu dalam budi pekerti yang mulia, Allah menjadikannya sebagai teladan yang baik bagi hamba-hambanya. sebab dia menjadikan wahyu itu (Al-Qur'an) sebagai hakim bagi dirinya sendiri, sehingga setiap ilmu dan amalnya sesuai dengan wahyu itu. Beliau selalu menyesuaikan diri dan perkataan dengan wahyu itu: tunduk, menerima senang hati, dan menjalankan hukum-hukumnya.

References

Agama RI, Depertemen, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Depok: Cahaya Qur'an, 2018.

Abu Ghuddah, Abdul Fattah, Muhammad Sang Rasul; Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah, Jakarta: Penerbit Akses, 2018.

Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3

Maya,Rahendra, "Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Ketelandanan,” Jurnal Edukusi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06 No.11, Januari 2017.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia, 2013.

Al-Hamat, Anung, Tabiyah Jihadiyah Imam Bukhari; Studi Anlisis Hadits-Hadits Kitab Jihad wa Siyar Shahih Bukhari, Jakarta Timur: Ummul Qura, 2016.

Sholih Ali Abu Arrad, Muqoddimah Fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bogor: PT. Marwah Indo Media, 2015..

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kencana, 2016.

Ramayulis, Dasar-Dasar Kependidikan; Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia, 2015.

Hartono, Budi, Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid, Jogjakarta: PT. Diva Press, 2013.

Sudarto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta:Deepublish, 2016.

Djawairiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Sukorejo: PT. Percetakan Jayarose, 2017.

Samsi Nelwati, dan Ratna Kasni Yuniendel, "Meneladani Rasulullah ` Sebagai Pendidik yang Memudahkan”.

Fajrianti, Lara, Metode-Metode Mengajar Nabi Muhammad ` dalam Buku Muhammad Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Pendidikan Agama Islam Saat Ini, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung tahun 2018.

Santoso, Puji, "Nilai-Nilai Keteladanan Rasulullah ` (Telaah Kitab Ar-Rasul Al-Mu'allim wa Asalibuhu Fi At-Ta'lim Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga tahun 2018.

Asrofi, Muhammad, "Pemikiran Abdul Fattah Abu Ghuddah Tentang Jonsep Kompetensi Guru Pendidikan Islam dalam Kitab Al-Rasulul Mu'allim” Jurnal Studi Islam, Vol.20, No. 1, Juni 2018.

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/15/06/08/nplp52-syekh-abdul-fattah-abu-ghuddah-ulama-pencinta-ilmu-2habis, di akses pada hari ahad 19/07/2020. Jam 09:57 Wib.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Nashi Ulwan, Abdullah, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Sukoharjo: Insan Kamil Solo, 2016.

Mahdi Mujahidin, Adnan, Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2014.

Published

2021-01-12

How to Cite

Nasir, M., Al Kattani, A. H., & Al Hamat, A. (2021). PEMIKIRAN ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH TENTANG METODE KETELADAN DAN AKHLAK MULIA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 51–60. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i1.3997