HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BOGOR

Authors

  • Donna Rhamdan

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar kewirausahaan Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Bogor. Masalah dalam penelitian ini adalah: hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bogor belum mencapai kompetensi yang optimal. Penelitian dibatasi hanya tiga variabel yang akan diteliti antara lain: sebagai variabel bebas penelitian yaitu Gaya Belajar (X1), Motivasi Belajar (X2) dan variabel terikat yaitu Hasil Belajar Kewirausahaan (Y). Adapun perumusan masalah sebagai berikut: Apakah ada hubungan secara bersama-sama antara Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan Kelas XI di SMK Negeri 1 Bogor?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan alat ukur yang kredibel dan validitas datanya bisa dipertanggungjawabkan. Dalam analisisnya menggunakan statistik atau pendekatan menggunakan angka dan skala ukur yang telah ditentukan. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data dari siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bogor berjumlah 480 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data dengan Simple Random Sampling. Dengan demikian, karena sampel yang diambil relatif homogen yaitu Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Bogor, cara pengambilan data yaitu 30% dari jumlah populasi yang berjumlah 480 siswa (30% X 480 = 144). Maka peneliti mengambil sampel berjumlah 144 orang dijadikan responden. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data-data sebagai berikut: Berdasarkan hasil analisis rata-rata hitung (mean) gaya belajar 121,36 dan motivasi belajar 125,99 dengan hasil belajar rata-rata hitung (mean) sebesar 71,04. Hal ini menunjukkan bahwa jawaban responden dalam kategori kuat. Hasil menggambarkan nilai hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan angka (square) r2 = 0,736 atau sebesar 73,6%, angka menunjukkan bahwa hubungan variabel gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar dinyatakan kuat, sisanya 26,4% (100 - 73,6% = 26,4%) dipengaruhi hubungan keeratannya variabel lain. Diketahui terdapat hubungan yang signifikan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Bogor. Berdasarkan perhitungan terlihat angka hubungan gaya belajar dan motivasi belajar sebesar 0,592 menunjukkan hubungan cukup kuat dan positif. Untuk menganalisa keeratan hubungan antara variabel penyebab dilakukan dengan membandingkan r tabel terhadap r hitung maka didapat n = 144 didapat t tabel 1,976 dan r hitung 0,592 maka dinyatakan gaya belajar dan motivasi belajar ada hubungan yang cukup kuat. Kesimpulan:
1. Secara parsial ada hubungan kuat antara gaya belajar dengan hasil belajar sebesar 0,692 (69,2%)
2. Secara parsial ada hubungan kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 0,604 (60,4%)
3. Secara bersama-sama nilai angka r2 (square) 0,736 atau 73,6% selebihnya dipengaruhi variabel lain yang tidak dianalisis. Kompensasi terhadap hasil belajar sebagai berikut dengan nilai hubungannya 0,592 maka dinyatakan ada hubung erat antara gaya belajar dan motivasi belajar. Karena itu H0 ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Published

2013-07-12

How to Cite

Rhamdan, D. (2013). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.450

Issue

Section

Artikel