PERBEDAAN PENGARUH METODE SOSIODRAMA DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE CERAMAH DISERTAI DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DI SD NEGERI COGREG 02 KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Sidik Abdullah
  • Turdjai .
  • Herawati .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.455

Abstract

Pengaruh metode sosiodrama dan multimedia interaktif dengan metode ceramah disertai Drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02 kecamatan Parung kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama dan multimedia interaktif terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02; (2) untuk mengetahui pengaruh metode ceramah disertai drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02; (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode sosiodrama dan multimedia interaktif dengan metode ceramah disertai Drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain pre tes-pos tes dengan kelompok pembanding. Peneliti menetapkan taraf signifikansi ? = 0,05 (5%). Artinya tingkat kepercayaan pengujian hipotesis adalah 95 %. Hasil analisis data menunjukan perbedaan nilai t hitung pada metode ceramah disertai drill (39,669). Nilai t hitung pada metode sosiodrama dan multimedia interaktif (43,232). Besarnya nilai perbedaan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran PKn di SD Negeri Cogreg 02 kurang berjalan efektif jika hanya menggunakan metode ceramah saja. Berdasarkan data dan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan: (1) metode sosiodrama dan multimedia interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02, sebesar 12,948 > ttabel (21, 0,025) (2,08); (2) metode ceramah disertai Drill berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02, sebesar 10,889 > ttabel (21, 0,025) (2,08); (3) metode sosiodrama dan multimedia interaktif memiliki perbedaan pengaruh dengan metode ceramah disertai Drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02, sebesar 4,282 > ttabel (21, 0,025) (2,08). Oleh sebab itu semakin baik metode sosiodrama dan multimedia interaktif digunakan akan semakin tinggi hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02.

Downloads

Published

2014-07-12

How to Cite

Abdullah, S., ., T., & ., H. (2014). PERBEDAAN PENGARUH METODE SOSIODRAMA DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE CERAMAH DISERTAI DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DI SD NEGERI COGREG 02 KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.455

Issue

Section

Artikel