HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM BELAJAR DENGAN KINERJA GURU (Studi Korelasi pada Guru Sekolah Dasar di Gugus V Gunungbatu Kecamatan Bogor Barat Tahun 2013)

Authors

  • Abdul Holid
  • Nurhayati .
  • Kendra Hartaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.456

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim belajar dengan kinerja guru baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Populasi adalah guru Sekolah Dasar Negeri Gugus V Gunungbatu di Kecamatan Bogor Barat sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 21. Secara deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala Sekolah termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 66,25, iklim belajar dikategorikan baik dengan skor rata-rata 76,35, Kinerja guru masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 126,92. Dengan analisis regresi diketahui : terdapat hubungan yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 38,3%, terdapat hubungan yang positif dan signifikan iklim belajar dengan kinerja guru sebesar 65,9%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya hubungan bersama-sama secara positif dan signifikan kepepimpinan kepala sekolah dan iklim belajar sebesar 40,136%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kinerja guru perlu ditingkatkan dan guru harus menyadari akan tugas pokok dan fungsinya. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik perlu dipertahankan dan iklim belajar yang kondusif harus diciptakan mengingat bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim belajar sangat berhubungan dengan Kinerja Guru.

Downloads

Published

2014-07-12

How to Cite

Holid, A., ., N., & Hartaya, K. (2014). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM BELAJAR DENGAN KINERJA GURU (Studi Korelasi pada Guru Sekolah Dasar di Gugus V Gunungbatu Kecamatan Bogor Barat Tahun 2013). Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i1.456

Issue

Section

Artikel