HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI I BOJONGGEDE

Authors

  • Susilowati .
  • Farida Mukti
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i2.468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang model pembelajaran CTL dan minat belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2014 dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif studi korelasi. Sampel penelitian berjumlah 40 orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang model pembelajaran CTL (X1) dengan hasil belajar Bahasa Indonesia (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0.842 dan persamaan regresi ? = -2,093 + 0,304 X1. (2) Terdapat hubungan positif antara minat belajar (X2) dengan hasil belajar Bahasa Indonesia (Y) dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0.959 dan persamaan regresi ? = -5,527 + 0,330 X2. (3) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang model pembelajaran CTL (X1) dan minat belajar (X2) dengan hasil belajar Bahasa Indonesia (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0.959 dengan persamaan regresi ? = -5,534 + 0,001 X1 + 0,329 X2. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran CTL dan minat belajar, baik secara sendiri maupun secara bersama-sama.

Downloads

Published

2014-07-14

How to Cite

., S., Mukti, F., & Abidin Arief, Z. (2014). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI I BOJONGGEDE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v3i2.468

Issue

Section

Artikel