HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Korelasi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor)

Authors

  • Aisyah Fitri

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.470

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Linguistik dan Mortivasi Belajar deangan hasil Belajar Bahasa Inggris. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1). Apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan hasil belajar bahasa Inggris?. 2). Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar bahasa Inggris?. 3). Apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi korelasi. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji Prasyarat Analisis Data dan Uji Hipotesis. Data dalam penelitian ini untuk vaiabel Hasil Belajar Bahasa Inggris (Y) diambil melaluli tes soal bahasa Inggris pilihan ganda A, B, C, D, yang terdiri dari 40 butir soal. Untuk Variabel Kecerdasan Linguistik (X1) dan Motivasi Belajar (X2) diambil data melalui non tes berupa angket yang terdiri dari masing-masing 20 butir pernyataan yang menggunakan skala Likert SS = Sangat Setuju, S = Setuju, TS = Tidak Setuju, STS = Sangat Tidak Setuju. Berdasarkan pengolahan data diperoleh (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan linguistk (X1) dengan hasil belajar Bahasa Inggris (Y) dengan koefisien korelasi ry1 = 0.876 dan persamaan regresi ? = -31.316 + 0,757 X1. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) dengan koefisien korelasi sebesar ry2 = 0.812 dan persamaan regresi ? = -29.991 + 0,686 X2. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan linguistic (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar Bahasa Inggris (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0.876 dengan persamaan regresi ? = -31.549 + 0.730 X1 + 0.028X2. Dengan demikian dapat disimpulkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan Linguistik dengan hasil belajar Bahasa Inggris, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Inggris, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan Linguistik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Inggris.

Downloads

Published

2015-07-14

How to Cite

Fitri, A. (2015). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Korelasi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor). Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.470

Issue

Section

Artikel