HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FUNGSI RESERSE BRIGADIR DI SPN PMJ

Amir Mahmudi, Yanuardi .

Abstract


Rumusan masalah penelitian sebagai berikut : 1). Apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal pendidik denganhasil belajar peserta didik?, 2). Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik?, dan 3).Apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal pendidik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik?. Uji hipotesis pertama diperoleh koefisien korelasi ry.1 = 0,648, dengan thitung = 22,094 > (ttabel = 1,658 pada ? = 0,05 dan ttabel = 2,326 pada ?= 0,01). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 terima, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dengan katagori kuat. Kontribusi Komunikasi Interpersonal (X1) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.1)2 = 0,42. Variabel Komunikasi Interpersonal membentuk kontribusi sebesar 42% dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse. Uji hipotesis kedua diperoleh koefisien korelasi ry.2 = 0,717 dan thitung = 13,926 > ttabel (ttabel = 1,658 pada ? = 0,05 dan ttabel = 2,326 pada ? = 0,01). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, terdapat hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dengan katagori kuat. Kontribusi Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.2)2 = 0,514. variabel Motivasi Belajar membentuk kontribusi sebesar 51,4% dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y). Uji hipotesis ketiga diperoleh koefisien korelasi ry.1.2 = 0,719 dan Fhitung = 51,903 > (Ftabel = 3,94 pada ? = 0,05 dan ttabel = 6,90 pada ? = 0,01). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Komunikasi Interpersonal (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar (Y), dengan katagori kuat. Kontribusi Komunikasi Interpersonal (X1) dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y) dihitung berdasarkan koefisien determinasi yaitu r2 = (ry.1.2)2 = 0,517 Variabel Motivasi Belajar membentuk kontribusi sebesar 51,7% dengan Hasil Belajar Fungsi Reserse (Y).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v4i1.471

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335