HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI DI SDN CIHIDEUNG ILIR 04 KECAMATAN CIAMPEA

Yanto ., Ruhenda .

Abstract


Penelitian ini merupakan studi korelasional, mengenai hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VI di SDN Cihideung Ilir 04. Adapun masalah yang ingin diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, baik secara mandiri maupun secara bersama-sama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa Kelas VI-A yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana serta berganda.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : (1) terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.787 dan koefisien determinasi sebesar 62% pada ? = 5 %; ( 2 ) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.694 dan koefisien determinasi sebesar 48.1% pada ? = 5 % ; ( 3 ) terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.598 dan koefisien determinasi sebesar 35.8% pada ? 5 %. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, diperlukan adanya upaya-upaya dalam meningkatkan kecerdasan linguistik dan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.482

Article Metrics

Abstract view : 217 times
PDF - 605 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335