HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI DI SDN CIHIDEUNG ILIR 04 KECAMATAN CIAMPEA

Authors

  • Yanto .
  • Ruhenda .

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.482

Abstract

Penelitian ini merupakan studi korelasional, mengenai hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VI di SDN Cihideung Ilir 04. Adapun masalah yang ingin diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, baik secara mandiri maupun secara bersama-sama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa Kelas VI-A yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana serta berganda.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : (1) terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.787 dan koefisien determinasi sebesar 62% pada ? = 5 %; ( 2 ) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.694 dan koefisien determinasi sebesar 48.1% pada ? = 5 % ; ( 3 ) terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.598 dan koefisien determinasi sebesar 35.8% pada ? 5 %. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, diperlukan adanya upaya-upaya dalam meningkatkan kecerdasan linguistik dan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2015-07-14

How to Cite

., Y., & ., R. (2015). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI DI SDN CIHIDEUNG ILIR 04 KECAMATAN CIAMPEA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.482

Issue

Section

Artikel