KORELASI PROFESIONALISME GURU, MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Syarifuddin .

Abstract


Tujuan penelitian ini, adalah Mengetahui profesionalisme guru bidang studi Bahasa Arab, Mengetahui minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pada bidang studi Bahasa Arab, Mengetahui hubungan signifikan antara profesionalisme guru, minat belajar siswa dengan hasil pembelajaran pada bidang studi Bahasa Arab.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus Pearson Product Moment. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas XI yang dipilih secara acak, kemudian dengan observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis atau uji t.
Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk analisis interpretasi data. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.487

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335