HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PADA PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

Authors

  • Ardian Hidayat Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor
  • Muktiono Waspodo Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor
  • Zaenal Abidin Arief Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i2.4917

Keywords:

Penyesuaian Diri, Hasil Belajar, Pelatihan Dasar CPNS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar peserta pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar peserta pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 118 orang yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak komputer SPSS. Data dalam penelitian ini diambil melalui penyebaran angket/kuesioner kepada sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan penyesuaian diri dengan hasil belajar peserta pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan dimana thitung > ttabel (6,310 > 1,662) dan dengan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05, dan juga didukung dengan R square sebesar 0,256 atau 25,6%. Dengan demikian, terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan.

References

Arief, Zainal Abidin (2015). Landasan Teknologi Pendidikan. Bogor:UIKA Press

........................... (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan. Bogor:UIKA Press

Arikunto, Suharsimi (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bina Aksara

Desmita (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung:Remaja Rosda Karya

Dimyati dan mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri (2015). Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Elizabeth B. Hurlock (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan, Jakarta:Erlangga

Fatimah, Enung (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung:CV Pustaka Setia

Hamalik (2003). Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Irianto, Agus (2012). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Prenada

Kartono, Kartini (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta:Rineka Cipta

Majid, Abdul (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Miarso, Yusufhadi (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana bekerjasama dengan Pustekkom Depdiknas

Morissan, M.A (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta:Kencana

Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil

Priyatno, Duwi (2012) Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi. Kesatu. Yogyakarta: Andi Offset

Siregar, Syofian (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Kencana

Slameto (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Published

2021-06-30

How to Cite

Hidayat, A., Waspodo, M., & Arief, Z. A. (2021). HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PADA PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 67–87. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i2.4917