PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKIDAH-AKHLAK BERBASIS SMARTPHONE DALAM UPAYA MENGAPLIKASIKAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS XII MADRASAH ALIYAH AL-ARQOM BOGOR

Authors

  • Abdullah Husein Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor
  • Muktiono Waspodo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zaenal Abidin Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i2.4938

Keywords:

metakognisi, multimedia pembelajaran interaktif, smartphone

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menganalis: 1) Proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone berdasarkan model ADDIE dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII di MA Al-Arqom Bogor. 2) Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone berdasarkan model ADDIE dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII di MA Al-Arqom Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan model ADDIE. Adapun subyek validasi terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media dan desain instruksional, satu orang praktisi pembelajaran, tiga peserta didik untuk uji coba perorangan, tujuh peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh tiga peserta didik untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Adapun kesimpulan penelitian ini bahwa: 1) proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone berdasarkan model ADDIE dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII di MA Al-Arqom Bogor dilakukan dengan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate (ADDIE); 2) Penilaian kelayakan multimedia oleh ahli materi pertama diperoleh skor 93% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli materi kedua diperoleh skor 94% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli media dan desain instruksional pertama diperoleh skor 90% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli media dan desain instruksional kedua diperoleh skor 96% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh praktisi pembelajaran Akidah-Akhlak kelas XII diperoleh skor 97% (Sangat Layak). Dan rerata penilaian dari para ahli (expert judgement) dan praktisi pembelajaran Akidah-Akhlak diperoleh skor 94% (sangat layak). Adapun respon peserta didik kelas XII dengan adanya multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak terhadap aplikasi metakognisinya pada uji coba perorangan, rerata aplikasi metakognisinya bernilai 92,33 (Sangat Bagus). Pada uji coba kelompok kecil diperoleh rerata aplikasi metakognisinya bernilai 80,85 (Bagus). Dan pada uji coba lapangan diperoleh rerata aplikasi metakognisinya bernilai 84,27 (Bagus). Dengan demikian maka multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone dikatakan sangat layak dan Bagus dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII MA Al-Arqom Bogor

References

Arief, Z. A. (2017). Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan: Studi Aneka Sumber Belajar yang Berorientasi pada Student Centre dan Student Creator. Bogor: UIKA Press.

Bialik, M., & et al. (2015). Character Education for the 21 st Century: What Should Students Learn? : Center for Curriculum Redesign. Boston, Massachusetts: Montes Alti Educational Foundation.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daulay, H. P. (2007). Pendidikan Islam, Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. Jakarta: Kencana.

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Jakarta:Kencana.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Gunadarma Ilmu.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal ERUDIO, Vol. 2, No. 2, Desember, 13-20.

Mahjuddin. (2009). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Maknuni, J. (2020). The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), Volume 02, Nomor 02, 94-106.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: Reka Karya Amerta.

Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakognitif. Jurnal RAP UNP, Vol. 8, No.1, Mei, 79-87.

Sadiman, A. S., & dkk. (1996). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2021-06-30

How to Cite

Husein, A., Waspodo, M., & Arief, Z. A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKIDAH-AKHLAK BERBASIS SMARTPHONE DALAM UPAYA MENGAPLIKASIKAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS XII MADRASAH ALIYAH AL-ARQOM BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 173–187. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v10i2.4938