HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Authors

  • Rusmianing Fatharani
  • Imas Kania Rahman

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i1.505

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis seberapa besar hubungan konsep diri dan latar belakang pendidikan dengan prestasi akademik mahasiswa, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan analisis regresi sederhana dengan jumlah 130 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.655, nilai signifikan sebesar 0.001, dan koefisien determinasi sebesar 42,9% dan sisanya 57,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Terdapat hubungan positif dan signifikan latar belakang pendidikan dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.459, nilai signifikan sebesar 0.001, dan koefisien determinasi sebesar 21,1% dan sisanya 78,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan latar belakang pendidikan dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0.482, nilai signifikan sebesar 0.001, dan koefisien determinasi sebesar 48,2% dan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

Fatharani, R., & Kania Rahman, I. (2017). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i1.505

Issue

Section

Artikel