HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN PETA INDONESIA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN CIANGGER 02

Authors

  • Zaenal Abidin Arief
  • Eneng Srihastuti

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.507

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Ciangger 02. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dengan hasil belajar IPS?, (2) Apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS?, (3) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS?. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri 43 orang. Yang dipilih dengan teknik random sampling. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia (X1) dengan hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,678 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori kuat, . Besarnya kontribusi yakni 46 % . (2) Terdapat hubungan positif antara minat belajar (X2) terhadap hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,552 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori sedang. Besarnya kontribusi yakni 30,5 %. (3) Korelasi berganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat adalah sebesar 0,487. Sehingga kontribusi kedua variabel bebas dengan variabel terikat (X1 dan X2 terhadap Y) adalah sebesar 48,7%.

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

Arief, Z. A., & Srihastuti, E. (2017). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN PETA INDONESIA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN CIANGGER 02. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.507

Issue

Section

Artikel