HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI GURU DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-MADINAH CIBINONG

Authors

  • Imas Kania Rahman
  • Meita Sulistiawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.508

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang hubungan kreativitas guru dan motivasi guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) hubungan kreativitas guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong, (2) hubungan motivasi guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong, (3) hubungan kreativitas guru dan motivasi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120 guru, dengan menetapkan sampel penelitian sebanyak 35 orang guru berarti 25% dari populasi, dan teknik pengambilan sampel secara proporsional (proportional random sampling) dengan memperhatikan proporsi jumlah populasi pada masing-masing unit. Jenis penelitian yang diambil oleh penulis adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey melalui analisis korelasional yang bertujuan menguji hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel Y digunakan kinerja guru, sedangkan variabel X1 kreativitas guru, untuk variabel X2 motivasi guru. Untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus product moment, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis korelasi ganda dengan uji F.
Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas dengan uji Kolmogorof Smirnov dan pengujian Homogenitas dengan uji Levene.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama,Terdapat hubungan kreativitas guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong nilai rhitung 0,866 > rtabel 0,334. Kedua, terdapat hubungan motivasi guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong rhitung 0,951 > rtabel 0,334. Ketiga hubungan kreativitas guru dan motivasi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong Fhitung > Ftabel atau 17.438 > 3,23.

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

Rahman, I. K., & Sulistiawati, M. (2017). HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI GURU DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-MADINAH CIBINONG. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.508

Issue

Section

Artikel