PEMANFAATAN APLIKASI BENIME SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MUFRODAT KELAS VII MTsN PASIR LAWAS

Amrina Amrina, Adam Mudinillah, zahra syurfa

Abstract


Pada saat sekarang penggunaan sebuah media yang seharusnya dipakai oleh para pengajar dalam mengajar ialah sebuah media yang mendasar pada teknologi, mudah di akses serta bisa menarik perhatian si pelajar, terutama pada pelajaran yang umumnya jarang diminati oleh pelajar sekarang seperti pelajaran bahasa arab, dimana kebanyakan para pelajar menilai bahwa pelajaran ini tidak mudah apalagi harus menghafal mufrodat dengan cara yang biasa, apalagi pada pelajar tinggat menengah. Hal ini dipengaruhi oleh para pelajar yang senang dan lebih banyak menggunakan gadget pada proses pembelajaran mereka. Sehingga para pengajar dituntut harus bisa mengkreativitaskan cara, metode dan juga media sebagai penunjang dalam proses pembelajaran khusus nya pada pelajaran bahasa arab. Oleh sebab itu pada tulisan atau artikel ini akan dibahas mengenai pemanfaatan aplikasi benime sebagai penunjang pelajaran mufrodat kelas VII MTsN Pasir Lawas.

Keywords


Benime, Mufrodat, Pasir Lawas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Idria Maita, 2Zarnelly, 3Arabiatul Adawiyah. (n.d.). PEMBELAJARAN INTERATIF BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID. 6227-15176-3-PB

Afan Faizin. (2020). Narrative Research; a Research Design. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 142–148. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i3.1139

Arfandi, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Di Sekolah. Edupedia, 5(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.882

Ayu, I. G., & Budiasih, N. (n.d.). METODE GROUNDED THEORY DALAM RISET KUALITATIF. 19–27. 10869-1-19972-1-10-20141030

Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.283

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Gani Hamdi, K. (2011). Membangun Aplikasi Berbasis Android “Pembelajaran Psikotes” Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi, Vol. 12(4), 37–38. 177613-ID-membangun-aplikasi-berbasis-android-pemb

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 141. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091

Hijriyah, U. (2018). Analisis Pembelajaran Mufradat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.

Holimi, M. (2019). PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR Muhammad Holimi, M.Pd.I. Muhadasah:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86–102.

Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Smartphone Android. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1). https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118

Kesuma, 1Mezan el-Khaeri, Kesuma, 2Guntur Cahaya, & Saputra, 3Dani. (n.d.). RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSA KATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB BERBASIS GAME ANDROID. 389-Article Text-1295-1-10-20210828

Kulsum, S., & Husnul, S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran , Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Language, A., Vol, E., Analisis, A., Media, P., Untuk, V., Mufradat, P., Mahasiswa, O., Pendidikan, M., Arab, B., Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., Laili, N., Uin, H., Kalijaga, S., Email, Y., & Tidak, P. (2021). ANALISIS PEMBUATAN MEDIA VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN MUFRADAT OLEH MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. 2(2), 90–102. document(2)

Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DAYAH DI KOTA BANDA ACEH, 274–282. 228448149

Maghfiroh, L., & Pekalongan, I. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Permainan SpinBoard. pembelajaran_bahasa_arab_mufrodat_dengan_media_permainan_teka-teki_silang20191207-116496-j6k8fg-with-cover-page-v2

Moch Aris Andika, M. (2019). Permainan “JENGA” Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Luqman Al-Hakim Batu. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 254–261.

Ngafifi, M., & Ngafifi, M. (n.d.). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. 3, 33–47. 2616-7080-1-SM

Noveandini, R., & Wulandri, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online ( E-Learning ) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa / I Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010(Snati), 71–74. https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1865/1641

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradāt. Jurnal Kependidikan, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1240

RANIA RIZQIYANI. (2006). Permainan Tebak Kata Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat. Permainan Tebak Kata Sebagai Media Pembelajaran Mufrodat, 01.

Rofifah, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF “MUFRODAT” PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB KELAS 3 SEKOLAH DASAR ISLAM MIFTAHUL ULUM KEDIRI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Sebayang, F. A. A., Saragih, O., & Hestina, H. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pembelajaran Mandiri Di Masa New Normal. Pelita Masyarakat, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4222

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946

SHOLIHAH, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2014). 137 Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145.

Tashikawa, I. (n.d.). Evolusi perkembangan teknologi informasi. EVOLUSI-PERKEMBANGAN-TEKNOLOGI-INFORMASI-with-cover-page-v2

Utami, R. R., Muhafidhoh, S., & Sari, U. A. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab ( Mufrodat ). 4, 253–258. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/download/1094/426/.

Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840. garuda1473315




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810

Article Metrics

Abstract view : 1080 times
PDF (Indonesian) - 326 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335