PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MTS ALFURQON KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Nina Rahmaniah Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor
  • Mohammad Givi Efgivia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5865

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar akidah akhlak antara siswa yang belajar menggunakan Strategi Project Based Learning dengan siswa yang belajar dengan model ekspositori di MTs Alfurqon Kadudampit.

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Alfurqon Kadudampit Kelas VII dengan cara menentukan jumlah sampel sebanyak 50 orang dari populasi 123 orang kelas VII yang di bagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Strategi Project Based Learning sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil Belajar Akidah Akhlak yang diambil dari hasil belajar siswa, sedangkan variabel Moderatornya adalah Motivasi Belajar.

Model Penelitian ini menggunakan Model 2x2 faktorial. Teori yang menggambarkan tentang beberapa variabel; Strategi Project Based Learning dan Model Ekspositori adalah variabel bebas, hasil belajar akidah akhlak sebagai variabel terikat dan Motivasi belajar sebagai Variabel Moderator. Untuk mendapatkan data primer penulis menyebarkan soal ujian dan  angket motivasi belajar. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa   1). Terdapat perbedaan hasil belajar akidah akhlak antara siswa yang belajar menggunakan Strategi Project Based Learning dengan siswa yang belajar dengan model ekspositori, 2). Terdapat Pengaruh interaksi antara Strategi Project Based Learning dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar, 3). Adanya perbedaan hasil belajar akidah akhlak, bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang pembelajarannya menggunakan Project Based Learning daripada yang belajar dengan model ekspositori, 4). Adanya perbedaan hasil belajar akidah akhlak, bagi siswa yang memiliki motivasi rendah, yang di ajarkan dengan menggunakan strategi Project Based Learning dari pada yang di ajarkan dengan model ekspositori

References

Azzahy, S. M. Z. A. (2019). Pengembangan model Project Based Learning dengan strategi Survey Question, Read Question, Compute Question, untuk meningkatkan hasil belajar jamaah umroh PT. Indo Rihlah Utama Tour and Travel. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Cholidah, N. (2013). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BMT UGT SIDOGIRI WILAYAH SIDOARJO. UIN Sunan Ampel Surabaya.

De Graaff, E., & Kolmos, A. (2007). History of problem-based and project-based learning. In Management of change (pp. 1–8). Brill Sense.

FATIKHAH, D. N. U. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Konsep Manajemen Kelas X MIPA Semester 2 Tahun Akademik 2017-2018). FKIP UNPAS.

Fitriyah, N. (2021). THE CORRELATION OF STUDENTS'INTRINSIC MOTIVATION TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SEVENTH GRADE SMP AL-MAARIF PANGGUNG. THE ELLITE OF UNIRA, 4(1).

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Juwariyah, S. (2013). Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55.

Muah, T. (2016). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Bagi Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Satya Widya, 32(2), 138–143.

Negeri, S. D., & Lhokseumawe, M. D. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERIKEGUNAAN ENERGIDENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VSD NEGERI 4 MUARA DUA.

Ravitz, J. (2008). New Tech High Schools: Results of the National Survey of Project Based Learning and High School Reform conducted by the Buck Institute for Education. Buck Institute for Education.

Soendari, T. (2010). Metode penelitian eksperimen. Diakses Dari: Http://File. Upi. Edu/Direktori/FIP/JUR. PEND. LUAR BIASA/195602141980032-TJUTJU SOENDARI/Power Point Perkuliahan/Eks Perimen/PENELITIAN EKSPERIMEN. Ppt% 5BCompatibility Mode% 5D. Pdf [2013, 30 Mei].

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Widiastuti, E. N. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

Wurdinger, S., Haar, J., Hugg, R., & Bezon, J. (2007). A qualitative study using project-based learning in a mainstream middle school. Improving Schools, 10(2), 150–161.

Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (The Understanding Of Model Of Teaching In Curriculum 2013). JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA (JBSP), 4(1), 89–95.

Published

2022-01-10

How to Cite

Rahmaniah, N., & Efgivia, M. G. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VII MTS ALFURQON KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 35–43. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5865