IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Yuvita Rachmi
  • Sigit Wibowo Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor
  • Masitowati Gatot Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5870

Keywords:

Implementasi, Literasi Keluarga, Kompetensi Literasi

Abstract

Kegiatan penyelenggaraan pelibatan keluarga dalam implementasi program pengembangan kemampuan literasi anak seperti kegiatan membacakan cerita dirumah, membuat pojok baca dirumah, masih diselenggarakan dan masuk ke kurikulum sekolah. Peserta didik dengan rentang usia 3 – 6 tahun yang dilayani di satuan pendidikan ini terlihat terbisa dengan kegiatan membukabuka buku diluar kegiatan inti pembelajaran. Fokus yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana mendapatkan informasi tentang implementasi Gerakan Literasi Keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini di PAUD. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Gerakan Literasi Keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini di PAUD Berbasis Aqidah Islam Rumah Cendekia Ciomas Kabupaten Bogor. Pendekatan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Informan penelitian sebanyak 28 orang terdiri dari 5 orang guru PAUD BAI Rumah Cendekia, 10 orang wali murid, dan 13 orang peserta didik. Analisis data dilakukan dalam tiga fase, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan simpulan). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Gerakan Literasi Keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini di PAUD Berbasis Aqidah Islam Rumah Cendekia. 1) Pelaksanaan gerakan literasi keluarga dengan penataan, penggunaan, dan pemanfaatan fasilitas pojok baca, perpustakaan untuk menunjang implementasi. 2) Guru, orang tua, dan siswa sudah mengikuti sosialisasi gerakan literasi keluarga (memiliki pemahaman tentang teknis pelaksanaan dan implementasinya), 3) Memiliki guru dengan prestasi di bidang literasi yang mumpuni, 4) Tata aliran kerja pelaksana Gerakan literasi keluarga

References

D. Bawden, 2001. D. Information and digital literacies: a review of concepts.Journal of documentation, 57(2), 2001, 218-259.

Suryani, Woro, 2017. "Pendidikan Keluarga Dalam Penguatan Literasi Dasar Pada Anak”, dalam Jurnal STKIP Siliwangi, Vol 10, No. 1 (2021)

Rosmaini, 2017. "Keterampilan Literasi Untuk Meningkatkan Budaya Suka Baca di Sekolah AMALIA”, dalam Jurnal Unimed Volume 23 No. 4, Oktober – Desember 2017 p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220

Abidin Arief, Zainal. 2017. Teknologi Pendidikan masa kini dalam Perspektif Multi Disiplin Ilmu (tinjauan Pendidikan Islam, Manajemen dan Ekonomi Islam). Dalam Prosiding Seminar Nasional Program Studi Teknologi Pendidikan, 1-10. Bogor: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan UIKA Bogor.

Nurzaelani, Moh. Muhyidin. 2014. Hubungan Antara Kecerdasaan Logis Matematis dan Komunikasi

Interpersonal dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Geo Informatika). Tesis, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.

http://www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf

Published

2022-06-29

How to Cite

Rachmi, Y., Wibowo, S., & Gatot, M. (2022). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANAK USIA DINI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 199–206. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5870