MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19

Nabila Muthia Ayu

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan terhambatnya beberapa sektor di Indonesia, dalam hal ini yaitu pendidikan. Sebelum pandemi Covid-19 pengajaran dan pembelajaran di sekolah dilakukan dengan tatap muka, akan tetapi dengan munculnya pandemi ini pengajaran dan pembelajaran di sekolah dengan terpaksa dilakukan secara online. Tentu hal ini berdampak pada ketidakbiasaan pendidik dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Tujuan penulisan ini adalah untuk memaparkan penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran online. Pembelajaran secara online tentunya berkaitan erat dengan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan beberapa media pembelajaran berbasis teknologi. Hasil kajian penulisan ini beberapa media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran yaitu video pembelajaran, quizizz, dan instagram.

Keywords


Covid-19; Media Pembelajaran; Pembelajaran Online

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 5–12. https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.631

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503

Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Veygid, A., Aziz, S. M., & S.r, W. S. (2020). Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.5

Watnaya, A. K., Muiz, M. hifzul, Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51–64. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5909

Article Metrics

Abstract view : 581 times
PDF (Indonesian) - 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335