ANALISIS KESALAHAN BAHASA TULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOK MASIHUL

Authors

  • Juwita Khairani Universitas Negeri Medan
  • Diah Eka Sari

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan bahasa tulis siswa pada tataran kosakata dan tanda baca pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Masihul yang berjumlah 288 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan teks fabel siswa dan wawancara yang dilakukan oleh siswa dan guru. Kemudian dilanjut dengan mengidentifikasi kesalahan bahasa yang ditemukan. Hasil penelitian bahasa yang ditemukan dalam teks fabel siswa, aspek kesalahan dilihat dari kosakata dan tanda baca. Pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Masihul tersebut ditemukan kesalahan bahasa kosakata sebanyak 72, 68 %, sedangkan Kesalahan bahasa tulis siswa pada aspek tanda baca pada hasil tulisan yang terdapat dalam teks fabel siswa yaitu terdapat pada tanda baca  kesalahan tanda titik sebanyak 9, 24 %, kesalahan tanda koma sebanyak 8, 82 %, kesalahan tanda hubung sebanyak 5, 88 %, kesalahan tanda tanya sebanyak 2, 10 %, dan terakhir kesalahan penggunaan tanda petik sebanyak 5, 46 %.

 

Kata kunci: Analisis kesalahan bahasa, teks fabel

References

Barus, Sanggup.2010. Pembinaan Kompetensi Menulis. USU Press: Medan.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Flores: Nusa Indah

Lubis, Joharis & Haidir. 2019. Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia: Optimalisasi bagi Personal Sekolah dan Korporasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lubis, Joharis & Indra Jaya. 2019. Komitmen Membangun Pendidikan: Tinjauan Kritis Hingga Perbaikan Menurut Teori. Medan: Widya Puspita.

Lubis, Joharis. (2009). Analisis Kontrastif Fonologis Bahasa Indonesia, Batak Angkola, Aceh, Minangkabau dan Bahasa Inggris. Jurnal Bahasa. 18(1). 1.

Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.

Reistanti, A.P. 2017. Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VIII E Di SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Kajian Linguistik dan Sastra. 2 (2). 2

Purnanto, Dwi. 2016. Bahasa Indonesia Untuk SMP. Kemendikbud: Pusat Kurikulum da Perbukuan.

Syamsi, Kastam. 1998. Metode Pembelajaran Kosakata.Cakrawala Pendidikan. 1(2).15

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1995. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: PenerbitAngka

Published

2022-01-10

How to Cite

Khairani, J., & Sari, D. E. (2022). ANALISIS KESALAHAN BAHASA TULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOK MASIHUL. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5996