Penggunaan Model Pembelajaran Total Physical Response Melalui Blended Learning Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Azzhahiriyah

Authors

  • Farrah Zhahiriyah UIKA
  • Muktiono Waspodo UIKA
  • Abdul Madjid UIKA

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6049

Keywords:

blended learning, kesulitan belajar, total physical response

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar Bahasa Inggris Peserta didik kelas VII melalui penggunaan model pembelajaran total physical response dengan metode blended learning. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana rancangan model pembelajaran total physical response melalui blended learning Untuk Mengatasi kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta didik, (2) bagaimana menguji kelayakan penggunaan model pembelajaran total physical response dengan metode blended learning untuk mengatasi kesulitan belajar Peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dan (3) apakah penggunaan total physical response melalui metode blended learning efektif terhadap peserta didik yang mengalami masalah belajar bahasa Inggris. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 99 orang, yang terdiri dari ; 3 orang subjek uji awal, 12 orang subjek uji kelompok kecil, 30 orang subjek uji kelompok besar dan 54 orang subjek implementasi lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 92%, ahli desain instruksional/ media sebesar 88%, pengguna guru 93% dan pengguna peserta didik sebesar 92% secara keseluruhan memperoleh kategori "sangat layak”. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran total physical response melalui blended learning efektif untuk mengatasi kesulitan belajar Bahasa Inggris

References

Arief, Z. A., & Sc, M. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Persfektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti, 155–158.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI model desain sistem pembelajaran blended. Direktorat Pembelajaran Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran berbasis blended learning. Depok:

RajaGrafindo Persada.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara. Hendarita, Y. (2020). Model Pembelajaran Blended Learning

dengan Media Blog. Rumah Belajar Kemendikbud.

Izzan, A. (2010). Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris.

Humaniora.

Khuluqo, I. El. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Larsen-Freeman, D., & Anderson, M. (2013). Techniques and principles in language teaching 3rd edition-Oxford handbooks for language teachers. Oxford university press.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan

berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Prenada Media.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional

Technology & Media For Learning.(Rahman Arif (Ed.); Cetakan ke). Prenada Media.

Sugiyono, M. (2019). penelitian & pengembangan (Research and

Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Uno, H. B. (2018). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.

Waspodo, M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid19.

Diakses Dalam Https://Puslitjakdikbud. Kemdikbud. Go. Id Pada, 21

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Zhahiriyah, F., Waspodo, M., & Madjid, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Total Physical Response Melalui Blended Learning Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Azzhahiriyah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 216–228. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.6049