KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Anton Wardaya Wardaya College
  • Novianto Budi Kurniawan School of Government of Public Policy
  • Tiodora Hadumaon Siagian School of Government of Public Policy

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7332

Keywords:

motivasi, prestasi siswa, kemampuan teknologi digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi siswa dan kemampuan teknologi digital serta peran kemampuan teknologi digital dalam memediasi pengaruh motivasi terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dengan jumlah 200 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM ( Structural Equation Model) dengan menggunakan Program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung motivasi terhadap prestasi siswa adalah positif dan signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Motivasi mempengaruhi prestasi sebesar 38,50%.  Pengaruh langsung motivasi terhadap kemampuan teknologi digital adalah positif dan signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Motivasi mempengaruhi kemampuan teknologi digital sebesar 47,40%. Pengaruh langsung kemampuan teknologi digital terhadap prestasi siswa adalah positif dan signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Kemampuan teknologi digital mempengaruhi prestasi sebesar 51,8%. Pengaruh tidak langsung motivasi terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar adalah positif signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Motivasi mempengaruhi prestasi dengan dimediasi oleh teknologi digital sebesar 0,1825. Kemampuan teknologi merupakan variabel mediasi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa. Pengaruh motivasi siswa terhadap kinerja siswa lebih tinggi bila dimediasi oleh kemampuan teknologi digital, dibandingkan motivasi siswa secara langsung terhadap kinerja siswa.

References

Anggraini, F., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Dan. 838–844.

APPLE. (2002). The Impact of Technology on Student Achievement. Apple Computer, Inc.

Creswell, J. W., & Garrett, A. L. (2008). The " movement ” of mixed methods research and the role of educators. 28, 321–333.

Dailoo, S. I., & Pannekoek, F. (2008). Nature and Culture : A New World Heritage Context. 25–47.

Delhi, N. (2007). Crafting the interdisciplinary field of childhood studies. 147–152.

Dhawan, S. (2020). Online Learning : A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Filgona, J., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. September. https://doi.org/10.9734/AJESS/2020/v10i430273

Hafizah, Hakim, M. I., & Zaini, M. (2022). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan. 1(2), 376–387.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid "‘ 19 : Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Kingsbury, I. (2021). Online learning : How do brick and mortar schools stack up to virtual schools ?

Lahiri, R., Ding, J., & Chinzara, Z. (2017). Technology adoption, adaptation and growth. Economic Modelling, August, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2017.08.026

Lahiri, R., & Ratnasiri, S. (2013). Costly technology adoption, redistribution and growth. Economic Modelling, 33, 440–449. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2013.04.038

Leobisa, J., Namah, M. G., Agama, I., & Negeri, K. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. 4(3), 3301–3309.

Li, L. (2017). China's manufacturing locus in 2025: With a comparison of "Made-in-China 2025” and "Industry 4.0.” Technological Forecasting and Social Change, February, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.05.028

Manurung, N. Y. R., Darmaya, A., & Sukmayadi, D. (2022). Pengaruh Number Head Together dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1324–1330. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.827

Martin, A., & Grudziecki, J. (2006). DigEuLit: Concepts and Tools for Digital Literacy Development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, 5(4), 249–267. https://doi.org/10.11120/ital.2006.05040249

Muda, Y. P. (2022). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Gredu Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(1), 18–25.

Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(1), 56. https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i1.19118

Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46

Mukhlisin. (2022). Manajemen sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis literasi digital. 00(00), 79–91.

Noermalia, T., & Irwansyah, I. (2020). Penerimaan Teknologi Konferensi Video dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi, 12(2), 246. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8653

Nurjanah, I., Hadziq, A., Nahdlatul, U., & Surakarta, U. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pai. 1(1).

Paramika, I., Dharmayan, I. W., & Sulian, I. (2022). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Antara Belajar Melalui Bimbel Tatap Muka Dan Belajar Melalui Bimbel Daring Dengan Aplikasi Ruang Guru Sma Negeri Kota Bengkulu. Consilia,Jurnal Ilmiah BK, 3(1), 23–37.

Prasetyo, Y. B., Hadi, S., & Partono, P. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Literasi Informasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 4(1), 47. https://doi.org/10.17977/um074v4i12020p47-52

Riyadi, M. (2021). Profesionalitas Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 12, 19–34.

Sarnoto, A. Z., & Suryanto, D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(2), 47–58. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/167

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Steinmayr, R., Weidinger, A. F., Schwinger, M., Spinath, B., & Healy, L. C. (2019). The Importance of Students ' Motivation for Their Academic Achievement – Replicating and Extending Previous Findings. 10(July). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01730

Viorica, C., & Carmen, A. (2013). The Impact of Educational Technology on the Learning Styles of Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 851–855. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.160

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa : Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 117. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472

Published

2022-06-29

How to Cite

Wardaya, A., Kurniawan, N. B., & Siagian, T. H. (2022). KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127–135. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7332