UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TRAINER MONITOR TELEVISI PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI TENTANG TROUBLESHOOTING MONITOR TELEVISI KELAS XI EA SMK NEGERI 2 KOTA BOGOR

Wahyuni Agustio

Abstract


Penelitian ini beranjak dari rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tentang monitor televisi. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bahwa media trainer monitor televisi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang monitor televisi pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi di kelas XI.EA SMK Negeri 2 Kota Bogor; 2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang monitor televisi sebelum dan sesudah menggunakan media trainer monitor televisi di kelas XI.EA SMK Negeri 2 Kota Bogor; 3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang monitor televisi setelah menggunakan media trainer monitor televisi di Kelas XI.EA SMK Negeri 2 Kota Bogor, tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media trainer monitor televisi dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI.EA SMK Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan media trainer monitor tele-visi hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata pra siklus 66,15 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan media trainer monitor televisi menjadi 73,93 pada siklus 1 dan 85,22 pada siklus 2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan media trainer monitor televisi disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran perekayasaan system radio dan televisi di sekolah-sekolah SMK pada Paket Keahlian Teknik Audio Video.

Keywords


Media Trainer Monitor Televisi; Hasil Belajar; Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan

Praktek. Edisi Revisi V.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Harta, Idris dan Djumadi. 2009. Modul PLPG: Pendalaman Materi Metode Pembelajaran. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hartini, Sri dan Surtikanti. 2009. Modul PLPG: Pendalaman Materi Media Pembelajaran dan Evaluasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yunianto, Wahyu Ika dan Teguh Wahyono. 2007. Kupas Tuntas PC Monitor Plus Maintenance and Troubleshooting. Yogyakarta: Gava Media.

Silabus Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Semarang http://arsynetwork.blogspot.com/ 2010/07/daftar-kerusakanmonitor.html (diunduh tanggal 3 September 2010).

http://www.coretandedi.com/2009/06/a nalisa-kerusakan-monitortroubleshoting/ (diunduh tanggal 13 Maret 2010)

http://www.desiaryaningsih06231005.blogspot.com/2008/06 /pengertian troubleshooting.html (diunduh tanggal 13 Maret 2010).

http://www.gembelit.blogspot.com/2009/09/konsepkerja-plasma-monitor.html (diunduh tanggal 3 September 2010).

http://www.infoservistv.co.cc/analisacrt-rusak.html. (diunduh tanggal 13 Maret 2010).

http://.www.saptomotok.wordpress.co m/2009/11/24/gejala-kerusakanflybackpada-monitor-crt/ (diunduh tanggal 13 Maret 2010)




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1735

Article Metrics

Abstract view : 346 times
PDF - 400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335