DESIGN KONSEP PROTOTYPE ALAT PEMBUAT TELUR ASIN MENGGUNAKAN OPTIMALISASI COMPRESSED AIR BERSTANDAR ASME

Authors

  • Sumadi Sumadi
  • Budi Hartono
  • Roy Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.32832/ame.v7i1.3737

Keywords:

Hydro-pneumatic, Horizontal Vessel, Alat Kontrol, Stainless Steel, Telur Asin, Salinometer, Pressure Range 0, 5 – 1 bar

Abstract

Telur asin adalah merupakan makan budaya orang Indonesia  yang sudah turun temurun,banyak cara yang digunakan untuk membuat telur asin, mulai dari menggunakan lumpur, direndam dalam air garam  didalam toples. Artikel ini  mengkaji sebuah konsep alat pembuat telur asin dengan menggunakan tekanan hidro-pneumatic, langkah - langkah pembautan alat  ini dapat dijelaskan sebabagai berikut : alat utama yang akan digunakan sebuah vessel horizontal dengan dimensi panjang 400 mm, diameter 250 mm, dengan manhole berada dibagian atas sebagai tempat pengisian  dan pengambilan telur setelah proses selesai, material yang digunakan untuk vessel ini adalah stainless steel untuk aplikasi makanan, untuk melakukan pengontrolan pressure vessel horizontal ini di lengkapai alat-alat sistem kontrol adalah sebagai berikut: Quick Cuopler,  thermometer, pressure gauge, safety valve, air service dan drainage valve. Media  penekan adalah udara bertekanan dengan menggunakan sebuah kompressor mini dengan spesifikasi sebegai berikut : Voltage 220V/50HZ, motor speed 2850 rpm, kapasitas 8 liter, berat 15,5 kg, Tekanan yang akan digunakan antara  2 bar – 3 bar. Adapun cara kerja alat  ini  dapat dijelaskan sebagai berikut :  telur  yang sudah dibersihkan  dimasukan kedalam pressure vessel  1,5 kg – 2 kg, kemudian larutan air garam yang sudah masak kemudian dimasukan kedalam pressure vessel, larutan air garam ini diisikan sebanyak 2/3 volume pressure  vessel, kemudian manhole ditutup, dan udara bertekanan diisikan ke dapam pressure vessel melalui quick coupler dengan tekanan  0,5 bar  tekanan udara  ini bisa di variasikan sesuai dengan waktu pengasinan, air larutan garam akan memasuki telur melalui pori-pori telur dimana air larutan garam akan ditekan oleh udara bertekanan,apabila tekanan berlebih bisa dilakukan pengaturan dengan relief  valve, tekanan didalam pressure vessel bisa dimonitor dengan pressure gauge, temperatur  bisa di kontrol dengan alat  thermo meter,apabila tekanan berlebih udara bisa  keluar melalui safety valve, apabila selesai proses telur bisa di keluarkan melalui manhole dan derajat keasinan telur bisa diketahu dengan menggunakan alat salinometer digital. Diharapkan dengan adanya alat ini proses pembuatan telur asin ini akan menjadi lebih cepat, dari rata -rata waktu pembuatan telur asin 15 hari,sehingga akan meningkatkan proses produksi telur asin dan hal ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kata kunci : Hydro-pneumatic,Horizontal Vessel, Alat Kontrol, Stainless Steel, Telur Asin, Salinometer, Pressure Range 0,5 – 1 bar.

 

References

https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/5-cara-membuat-telur-asin-enak-gurih-dan-mudah-1910227.html, Cara membuat Telur Asin

Joko Susilo, SMA Negeri 1 Plupuh Sragen ). Article, Teknologi Pembuatan telur asin Selama Tiga Jam Melalui Manifulasi tekanan Osmosisi.

Sunyoto, Suwahyo,Meddiati Fajri Putri.(2015). Penerapan IPTEK Pada Industry Kecil Pembuatan Telur Asin Khas Tambakrejo Kota Semarang, Rekayasa Vol 13 No.2 Juli 2015.

Tri Agus Susanto,Arthur Khalik Razak,Asywar-Asywar,Maria Suryaningsih,Syamsul-Syamsul,(2016), Rancang Bangun Alat pembuat Telur AsinDengan Pemanfaat Udara: Jurnal Teknik Mesin Sinergi, Jurusan Teknik Mesin , Politeknik Negeri Ujung Pandang, Beranda, Vol 14,No.1 (2016)

A Engelen, S Umela, A A Hasan, 2017, Pengaruh Lama PengasinanPada Pembuatan Telur Asin Dengan Cara Basah,Jurnal ArgoIndustri Halal, ISSN 2442-3548, Volume 3 , Nomor 2, Februari 2017, 133..

Dewi Andriani,St Hadijah,(2018),Uji Coba Pembuatan Telur Asin Dengan Menggunakan Pelepah Daun Nipah Sebagai Pengganti Garam, Jurnal Hosfitality dan Pariwisata, Vol 4.(no.1) :1-69 Th 2018, ISSN 2442- 5222.

Roni Kastaman,Sudaryanto,Budi Herdi Nopianto, (2005), Kajian Proses Pengasinan Telur Metode Revese Osmosis Pada Berbagai Lama Perendaman, J.Tek.Ind.Pert Vol.19.(1) 30-39

Eugene F.Megyesy,Pressure Vessel Handbook, Thirteenh Edition, Pressure Vessel Publishing, Inch, Date of Issuance: November 15, 2004.

James R.Farr, Maan H.Jawad, Guidebook For The Design Of ASME Section VIII Pressure Vessel, Second Edition, ASME Press, New York, 2001

Donald Peckner,I.M.Bernstain, Handbook of Stainless Steel, McGraw-Hill Book Company,1977.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Sumadi, S., Hartono, B., & Waluyo, R. (2021). DESIGN KONSEP PROTOTYPE ALAT PEMBUAT TELUR ASIN MENGGUNAKAN OPTIMALISASI COMPRESSED AIR BERSTANDAR ASME. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7(1), 16–20. https://doi.org/10.32832/ame.v7i1.3737

Issue

Section

Artikel