PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI I'ANATUSSHIBYAN

Authors

  • Nurhalimah Nurhalimah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hidayah Baisa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2865

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar

Abstract

Siswa sering kali mengalami kurang bersemangat dalam belajar, terutama pada pelajaran yang tidak disukainya atau yang dianggap tidak menarik. Hal itu dapat dipengaruhi oleh guru yang menyampaikan materi pembelajaran. Dalam penelitian ini, akan melihat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MI I'anatusshibyan Kota Bogor. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi deskripsi. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa MI I'anatusshibyan Kota Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI I'anatusshibyan dengan jumlah 62 siswa. Data yang dianalisis ialah kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang masing-masing terdiri atas 20 butir pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan kriteria "r” product moment memperoleh hasil  0,487 yang terletak antara 0,40 – 0,70 yang berarti terdapat pengaruh positif yang sedang dan cukup antara kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini jumlah responden sebanyak 62. Untuk mencari df menggunakan rumus df=N-nr =62-2=60. Dengan df 60 diperoleh rtabel  pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,254. Ternyata rxy lebih besar daripada rtabel  pada taraf signifikan, sehingga HO ditolak dan Ha  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peranan kompetensi pedagogik guru berpengaruh pada motivasi belajar siswa di MI I'anatusshibyan Kota Bogor.

References

Danim, Sudarwan. (2011). Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, Angga Putra.”Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Blitar”, dalam http.//etheses.uin-malang.ac.id/3151/1/11410149.pdf

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiawati, Imas. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitsream/123456789/24267/1/Imas%20Setiawati.pdf.

Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-02-06

How to Cite

Nurhalimah, N., Baisa, H., & Asmahasanah, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI I’ANATUSSHIBYAN. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2865