PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 2 BOGOR

Authors

  • Nevy Vilanti Kusdinan SMAN 5 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i2.2945

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran PPKn Pokok Bahasan Peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian  terhadap siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Kota Bogor. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel dilakukan secara sengaja oleh peneliti yaitu sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan observasi. Proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika melalui empat tahapan dengan dua siklus yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pra siklus menunjukkan hasil belajar siswa 13,9 %. Pada siklus pertama rata-rata Ketuntasan belajar siswa sebesar 33,3%. Pada Siklus kedua rata-rata Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 91,7 %, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Mata Pelajaran Matematika Pokok bahasan Integral. Jadi, model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw ini bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran Matematika.

References

Azhar Arsyad, (2011), Media Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Lusia Tri Astuti, (2009), Matematika Kelas 5 SD/MI, Jakarta, Pusat Pembukuan Depdikbud

http://de2halimah.blogspot.co.id/2010/12/metode-pembelajaran-metode-pemberian.html

Musfiqon (2010), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka

Moedjiono dan Dimyati, M. (1992/1993). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Depdikbud

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Jakarta, Kemendikbud

Prasetya, E. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers in the Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.297

Solehudin, T. (2019). Using Prezi based on Cloud Syste Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9. doi:10.33884/cbis.v7i2.1319

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta

Supriatna, N. d. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas

Downloads

Published

2020-04-03

How to Cite

Kusdinan, N. V. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 2 BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 92–105. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i2.2945