MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA SPEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 BOLA

Authors

  • florius lepe SMA NEGERI 1 BOLA

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3525

Keywords:

Meningkatkan, Kemampuan Guru, Mengelola Pembelajaran, Supervisi Klinis.

Abstract

Supervisi klinis merupakan bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada guru berdasarkan kebutuhannnya melalui siklus yang sistematis yaitu perencanaan, observasi yang cermat atas pelaksanaan dan pengkajian hasil observasi dengan segera dan obyektif tentang penampilan mengajarnya. Siklus supervisi klinis sesuai dengan siklus dalam penelitian tindakan sekolah (PTS), masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. PTS ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 selama 4 bulan yaitu dari minggu kedua bulan Januari sampai dengan minggu kedua bulan Mei 2019, dengan sasaran 23 guru Mata Pelajaran. PTS dilaksanakan dalam dua siklus, dan dinyatakan berhasil apabila rata-rata capaian masing-masing indikator > 80%. Hasil Supervisi Pra siklus diperoleh data 1) kemampuan guru menyusun  RPP adalah 47,37% (Sangat kurang) dan 2) kemampuan guru dalam proses pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 adalah 35,79% (Sangat kurang). Melalui pendampingan pada Siklus I, diperoleh rata-rata pencapaian  Kompetensi pedagogik guru dalam: 1) menyusun  RPP adalah 62,41% (Kurang) dan 2) proses pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 adalah 51,05% (Baik). Dengan mengoptimalkan pembimbingan pada komponen yang termasuk kategori cukup dan kurang, pada Siklus II diperoleh rata-rata pencapaian  Kompetensi guru dalam: 1) menyusun  RPP menjadi 80,45% (Baik), dan 2) menyusun RPP menjadi 80,53% (Baik). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Bola dapat meningkatkan kompetensi guru kelas dalam mengelola pembelajaran.

References

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (1988). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses.

Pitadjeng (2015). Pembelajaran Matematika yang menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sergiovanni, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, Uzer. 2005, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-10-13

How to Cite

lepe, florius. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA SPEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 BOLA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 191–198. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3525