PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS III SDK LEI

Authors

  • Maria Dolorosa Lega SDK LEI Sikka

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4096

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Metode Cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan membantu siswa kelas III SDK LEI. Penelitian ini menggunakan metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri atas Kegiatan Awal, Kegiatan Inti dan kegiatan akhir. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes bercerita di depan kelas, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa yang  diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I terdapat presentase ketuntasan klasikal 60% dan daya serap individu sebesar 64,28% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa 62,5% dan observasi aktivitas guru 87,5% dengan kategori cukup. Pada tindakan siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas secara invidu sehingga presentase ketuntasan klasikal 88% dan daya serap individu 79,94% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa 87,5% dan hasil observasi guru 85,7% dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDK LEI.

References

Admin. (2008). Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah.Mizan Media Utama, Jakarta.

Aisyah, dkk (2008). Perkembangan anak usia prasekolah. Ramaja rosdakarya. Bandung.

Muchlisin, Riadi. (2013). Pengertian, Tujuandan Tes Kemampuan Berbicara. (Online).

Ramadhan dkk.2013. Panduan Tugas Akhir (SKRIPSI) & Artikel Ilmiah. Palu. Penerbit: Universitas Tadulako.

Depdiknas.(2005) Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.

Yenni, winarti. (2011). Metode bercerita.(www.geogle.co.id) akses 11 maret 2014 Tarigan.

Kamus besar bahasa Indonesia. (2001) Pengertian Keterampilan.Jakarta. Penerbit: Balai Pustaka.

Nurhasana. (2013). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Bahasa Anak di Taman Kanak-kanak.Jakarta.

Tarigan, Djago. 1992. Keterampilan Berbicara. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Lega, M. D. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS III SDK LEI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4096